Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Popularitas Serial Drama Korea Dorong Penjualan Komik Web Orisinal

Kompas.com - 17/03/2022, 18:28 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meningkatnya popularitas serial televisi Korea yang diadaptasi dari komik web telah meningkatkan permintaan untuk komik orisinil di seluruh dunia.

Hal tersebut didapatkan dari data yang dihimpun Yonhap.

Seperti komedi romantis Business Proposal yang dibintangi oleh Ahn Hyo-seop dan Kim Se-jeong dan disiarkan di SBS dan Netflix ini menjadi salah satu serial TV yang paling banyak dibicarakan di dalam dan luar negeri. Drama ini turut mendongkrak versi novel web dan komik web-nya.

Serial yang tayang sejak 28 Februari ini mencapai 10,1 persen dalam peringkat pemirsa untuk episode keenam yang ditayangkan pada Senin lalu.

Baca juga: Sinopsis Again My Life, Drakor Baru Segera Tayang di Viu

Dari sudut pandang global, serial itu juga diterima dengan baik oleh pemirsa di luar Korea.

Hal ini menjadikan serial tersebut masuk dalam 10 besar pertama di grafik acara TV Netflix populer yang disusun oleh Flixpatrol pada 4 Maret dan menempati posisi ketujuh pada hari Rabu.

Pada saat yang bersamaan, drama The Office Blind Date yang tersedia dalam bentuk novel web dan komik web ini juga menjadi viral dan mendapatkan popularitas yang lebih besar dari perkiraan.

Berdasarkan data Kakao Entertainment, versi novel web dan webtoon yang berjudul The Office Blind Date ini mencatat total 450 juta penayangan di seluruh dunia pada akhir Februari.

Baca juga: Profil Pemain Drakor Again My Life, Segera Tayang di Viu

Bahkan sebelum penayangan perdana serial TV-nya. Di Korea Selatan, novel dan komik web ini mencapai 160 juta penayangan.

Secara khusus, webtoon The Office Blind Date meraih nomor satu dalam penjualan di platform online Kakao Thailand pekan ini dan selama dua minggu berturut-turut.

Komik web ini juga menempati nomor satu dalam penjualan di Taiwan dan Indonesia.

Drama Netflix All of Us Are Dead yang diadaptasi dari webtoon berjudul Now at Our School juga mengalami peningkatan 80 kali lipat penayangan daring dan 59 kali lipat dalam penjualan bulan lalu, menurut Naver Webtoon.

Baca juga: Kang Tae Moo Trending Twitter, Ini 4 Hal Menarik dari Drakor Business Proposal

All of Us Are Dead mendapatkan popularitas besar sejak dirilis pada 28 Januari.

Webtoon asli dari film thriller dystopian sutradara Yeon Sang-ho berjudul Hellbound akan diterbitkan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang.

Munhak Dongne, penerbit lokal komik web Hellbound mengatakan sebelumnya bahwa perusahaan komik asal AS Dark Horse Comics akan memenuhi syarat untuk hak penerbitan edisi bahasa Inggris.

Dark Horse Comics juga tekah merilis sejumlah buku komik dan novel grafis terkenal. Termasuk berjudul Alien dan Star Wars dengan mereknya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com