Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aset Doni Salmanan Disita, Berpindah dari Garasi ke Bareskrim Polri

Kompas.com - 15/03/2022, 07:53 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bareskrim Polri telah menyita sejumlah aset milik tersangka kasus penipuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) platform binary option Quotex, selebgram Doni Salmanan.

Status Doni Salmanan yang semula disebut-sebut sebagai "crazy rich" karena memiliki harta kekayaan berlimpah itu kini meredup sejak dinyatakan sebagai tersangka dan mendekam di penjara.

Tak ada lagi mobil mewah dan motor gede (moge) yang terparkir di garasi rumahnya, sebab semua telah disita Bareskrim Polri.

Beberapa aset termasuk deretan mobil mewah Doni Salmanan diduga dibeli dari hasil uang penipuan di Quotex.

Baca juga: Penampakan Mobil Mewah dan Moge Milik Doni Salmanan yang Disita Polisi

Salah satunya adalah mobil Porsche 911 Carrera berwarna biru yang dibeli Doni Salmanan dari YouTuber Arief Muhammad seharga Rp 4 miliar.

Mobil tersebut terbilang langka karena hanya ada empat unit di Indonesia.

Bukan hanya mobil mewah tersebut, dua rumah Doni Salmanan yang berada di Bandung dan Soreang juga disita polisi.

Mobil jenis Porsche 911 Carrera S berwarna biru milik tersangka Doni Salmanan yang disita polisi bakal menjadi barang bukti terkait kasus penipuan dan pencucian uang investasi ilegan binary option sang selebgram sudah digaris polisi di Bareskrim Polri, Senin (14/3/2022).KOMPAS.com/FIRDA JANATI Mobil jenis Porsche 911 Carrera S berwarna biru milik tersangka Doni Salmanan yang disita polisi bakal menjadi barang bukti terkait kasus penipuan dan pencucian uang investasi ilegan binary option sang selebgram sudah digaris polisi di Bareskrim Polri, Senin (14/3/2022).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengungkapkan berapa banyak aset Doni Salmanan yang telah disita Bareskrim Polri.

Ada satu unit Honda CRV, satu unit Fortuner, dua unit Kawasaki Ninja, dua unit kendaraan motor BMW, dua unit motor Ducati Superleggera.

Baca juga: Daftar Aset Doni Salmanan yang Disita Polisi, 2 Rumah, 4 Mobil, hingga Belasan Motor

Kemudian, ada lima unit kendaraan motor Yamaha, satu unit kendaraan bermotor KTM, satu unit motor MSI atau motor listrik.

Selanjutnya, satu buah laptop macbook pro, satu buku tabungan atas nama DS, dua buku tabungan atas nama DNF, satu buah kartu debit, empat pasang sepatu, satu buah jam tangan merk Hermes.

Tak luput juga disita 11 baju yang masuk kategori barang bermerek, celana bermerek, topi, tas, 20 buku terkait trading, dan 3 buah CPU.

Lalu bagaimana nasib masyarakat yang terlanjur menginvestasikan uang mereka dan rugi ratusan juta rupiah?

Baca juga: Indra Kenz dan Doni Salmanan, from Sultan to Rutan

Belasan motor milik tersangka Doni Salmanan yang disita polisi bakal menjadi barang bukti terkait kasus penipuan dan pencucian uang investasi ilegan binary option sang selebgram sudah digaris polisi di Bareskrim Polri, Senin (14/3/2022).KOMPAS.com/FIRDA JANATI Belasan motor milik tersangka Doni Salmanan yang disita polisi bakal menjadi barang bukti terkait kasus penipuan dan pencucian uang investasi ilegan binary option sang selebgram sudah digaris polisi di Bareskrim Polri, Senin (14/3/2022).

Gatot Repli menjelaskan, pengadilan yang berhak menetukan apakah aset-aset Doni Salmanan yang disita tersebut akan dikembalikan ke masyarakat atau tidak.

"Dalam hal ini penyidik akan melakukan tracing terhadap aset kedua tersangka (Doni Salmanan dan Indra Kenz) yang nantinya aset ini akan diserahkan ke penyidik dan nanti akan diputuskan oleh pengadilan," ujar Gatot Repli Handoko, di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan Senin (14/3/2022).

Meskipun telah banyak aset Doni Salmanan yang disita, polisi bakal terus melacak aset-aset dan aliran dana selebgram asal Bandung itu.

Baca juga: Tak Berhenti di Rumah dan Kendaraan Mewah, Polisi Masih Lacak Aset Lain Doni Salmanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com