Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perasaan Sutradara Umay Shahab Bekerja dengan Para Kru yang Lebih Tua

Kompas.com - 24/02/2022, 10:57 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Umay Shahab memulai debutnya menjadi sutradara film panjang Kukira Kau Rumah di usia 19 tahun.

Pekerjaannya sebagai sutradara di usia muda membuat Umay harus mulai terbiasa bekerja dengan para kru yang lebih tua di lokasi syuting.

Umay tak menampik ada perasaan aneh pada posisi tersebut, terlebih ketika dirinya dipanggil "Pak" oleh anggota tim yang lebih tua dari usia ibunya.

"Yang paling aneh orang kostumnya bahkan lebih tua dari ibu aku, manggil aku 'Pak' ya Allah, itu aneh banget sih," ungkap Umay dikutip Kompas.com dari YouTube VDVC Seleb, Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Viral Video TikTok Kritik Film Kukira Kau Rumah sampai Singgung Strategi Marketing, Begini Tanggapan Umay Shahab

Namun pada akhirnya, Umay tidak begitu fokus soal perbedaan usia. Baginya, sutradara adalah orang yang harus bekerja lebih kerasi dibanding semua orang di lokasi syuting.

"Enggak pernah aku ambil pusing juga karena aku ada di situ, bukan untuk menikmati kejayaan duduk di bangku sutradara bisa berlaku seenaknya, tapi karena memang aku harus bekerja, harus jadi orang paling bekerja keras di ruangan itu kan," ucap Umay.

Umay juga sebisa mungkin menahan amarahnya ketika pekerjaan di lokasi syuting yang dilakukan para kru tidak sesuai yang dia inginkan.

Prinsipnya adalah semakin tinggi jabatannya semakin besar pula upaya dia menahan emosi, amarah, dan kaya-kata tidak pantas.

Baca juga: Prilly Latuconsina Blak-blakan Punya Grup Khusus Berbagi Meme, Anggotanya Umay Shahab hingga Monty Tiwa

"Kata Uncle Ben kan semakin besar tanggung jawab, aku pun semakin gede dan semakin aku harus menahan kata-kataku, amarahku dan emosiku, jadi ya itu sih belajar," ucapnya.

Dalam kasus tugas perias misalnya, Umay akan memberitahu dengan baik-baik bahwa pekerjaan mereka kurang tepat.

"Ya aku kayak gitu aja sih tahan-tahan banget, kayak puasa sih tahan amarah, nahan emosi," ucapnya.

Baca juga: Umay Shahab Hampir Mati Saat Syuting 3 Film Garapan Monty Tiwa

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk pemain karena Umay sendiri percaya diri. Dia merupakan seorang aktor yang telah berkarier sejak usia dini.

"Kalau sama pemain mungkin karena aku sudah punya jam terbang juga kali jadinya bisa ngerasa lebih tengil dikit lah," ucap Umay.

Umay mencontohkan sikapnya pada Jourdy Pranata, pemeran Pram dalam film Kukira Kau Rumah.

"Ini engak semua aktor aku terapin kayak gini, tapi ada di beberapa aktor tuh yang overthinking banget dan kalau disentil dikit biasanya aktingnya jadi makin bagus, kayak si Jourdy tuh lawan mainnya Prilly," sambung Umay.

Baca juga: Umay Shahab Hampir Mati Saat Syuting 3 Film Garapan Monty Tiwa

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com