Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Film Kukira Kau Rumah, Iqbaal Ramadhan Puji Prilly Latuconsina dan Umay Shahab

Kompas.com - 18/02/2022, 19:38 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Iqbaal Ramadhan mengapresiasi film Kukira Kau Rumah yang menandai debut Umay Shahab sebagai sutradara dan Prilly Latuconsina sebagai produser.

Lewat unggahan di Instagram Story akun @iqbaal.e, Iqbaal Ramadhan menulis ulasan panjang Kukira Kau Rumah setelah menyaksikan film tersebut.

Bintang Dilan 1990 itu melihat Kukira Kau Rumah sebagai karya yang jujur. Film tersebut tidak menunjukkan ambisi untuk meledak meski pada akhirnya sukses tembus 2 juta penonton dalam 15 hari saja.

"KKR merupakan bukti bentuk karya jujur yang dibuat dengan hati, gak pake paksaan apalagi ambisi, serta pesan-pesan yang bisa diinterpretasi sendiri," tulis Iqbaal dikutip Kompas.com dari Instagram @iqbaal.e, Jumat (18/2/2022).

Baca juga: Film Kukira Kau Rumah Raih 2 Juta Penonton, Jourdy Pranata Apresiasi Keberanian Penonton ke Bioskop

Iqbaal sebagai penonton merasa masuk ke dalam dunia Niskala (Prilly Latuconsina) dan Pram (Jourdy Pranata). Kukira Kau Rumah dinilai sukses meningkatkan kesadaran soal kesehatan mental.

"On the most surface level, berhasil rise awareness tentang bipolar disorder dan implikasi kehidupan nyata yang dialami oleh penyintas, orang tua, dan support system di sekelilingnya on the deeper level," tulis Iqbaal.

Bagi Iqbaal film Kukira Kau Rumah bisa memberikan pesan beragam pada penonton tergantung bagaimana mereka mengambilnya.

Baca juga: Gara-gara Ingin Main, Iqbaal Ramadhan Pernah Mengeluh Ingin Keluar dari Coboy Junior

Dalam tulisan itu, Iqbaal juga memuji akting Prilly Latuconsina dan Umay Shahab selaku sutradara di balik film Kukira Kau Rumah.

Sebagai aktor yang telah membintangi sederet judul film, Iqbaal menganggap Prilly telah sukses memerankan karakter Niskala yang mengidap bipolar.

"Prilly gilaaaaaa banget mainnya! Semua sudutnya Niskala terlihat dan diexplore sampai gue aja, jujur, ngebayangin kalau how tough it is sometimes to have a mate like her," tulis Iqbaal.

Adapun Umay, Iqbaal yakin dia bisa membawa industri film Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga: Bersyukur Kukira Kau Rumah Tembus 2 Juta Penonton, Jourdy Pranata: Enggak Permah Kepikiran

"Umay, for me, adalah regenerasi sutradara, produser dan aktor yang kita tunggu-tunggu. Semoga semakin banyak regenerasi yang muncul setelah ini karena harus sekarang buat mulai, May, lo gilaaa man!," tulis Iqbaal.

Iqbaal memberikan skor delapan dari 10 untuk film Kukira Kau Rumah. Aktor kelahiran 28 Desember 1999 itu mengaku tak bisa berkata-kata hingga menuliskan ulasan panjang soal film tersebut.

Ulasan Kukira Kau Rumah oleh Iqbaal Ramadhan.Instagram @iqbaal.e Ulasan Kukira Kau Rumah oleh Iqbaal Ramadhan.

Sebagai informasi, Kukira Kau Rumah telah ditonton 2.018.357 kali di layar lebar dalam waktu 15 hari saja.

Kesuksesan Kukira Kau Rumah di Tanah Air membuat film tersebut turut ditayangkan di Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Baca juga: Prilly Latuconsina Menangis Bahagia Film Kukira Kau Rumah Tembus 2 Juta Penonton

Film Kukira Kau Rumah telah mendapatkan penghargaan dari Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Film Tervaforit Pilihan Penonton.

Kukira Kau Rumah dibintangi aktor-aktris Indonesia berbakat seperti Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, dan Raim Laode.

Judul film yang mengangkat masalah kesehatan mental itu diambil dari lagu Amigdala berjudul "Kukira Kau Rumah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com