Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samakan Nasib Gofar Hilman dengan Kim Seon Ho, Dokter Tirta Dikecam

Kompas.com - 13/02/2022, 10:39 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter Tirta dikecam sebagian netizen setelah dianggap menyamakan nasib Gofar Hilman dengan aktor Korea Selatan, Kim Seon Ho.

Twit dokter Tirta soal kasus Gofar Hilman dan Kim Seon Ho yang bisa bangkit dari "cancel culture" ramai dikritik karena kasus dugaan pelecehan seksual dua figur publik itu dianggap tidak berhubungan.

Netizen menyuarakan kritik mereka pada dokter Tirta dengan menyinggung perbedaan sikap Gofar Hilman dengan Kim Seon Ho saat tersandung kasus dugaan pelecehan seksual.

"Please jangan samakan dgn kim seon Ho. Dia tuh minta maaf diam. Yg bantu dia media dispatch itu ada bukti kredibel makanya gak bisa ditentang. Dan sekali lagi track record seonho sangat sangat baik. Jadi dia dibela bukan krn good looking," komentar akun Twitter @deanydani.

Baca juga: Soal Gofar Hilman, Dokter Tirta Ingatkan untuk Berkaca pada Kasus Kim Seon Ho

Beberapa netizen juga menyinggung soal pengakuan Gofar Hilman tidur bersama 100 wanita dan memiliki sex tape yang dibintangi dirinya sendiri di podcast AMWAVE bertajuk "Parno Porno".

"Lah lah masalahnya bukan gud luking dok dan beda kasus. Gofar itu di podcast nya ajah , udah ngomongin selangkangan mulu dan bangga nidurin banyak cewe.. Yeeeee masa disamain," komentar akun Twitter @RyantiTashi.

"Seonho disamain sama gofar???? Seonho kaga pernah bikin podcast dgn konten mesum kek gofar jd gausa disama"in ye jijik bgt bacanya," komentar akun Twitter @nathaniae_li.

"Dokter gel*, lo juga tau kan kalo gofar pernah nidurin 100 cewe dan itu udah jadi cita citanya dia di umur 20 dan dia sendiri yg cerita. lu pikir a***, seonho gaada bikin podcast kayak gitu bahkan buktinya pun menyatakan dia tidak bersalah," komentar akun Twitter @tokpokkijoha.

Baca juga: Adam Deni Disebut Terdiagnosis Virus dan Kemungkinan Somasi Dokter Tirta

Dokter Tirta menuliskan twit panjang soal kasus Gofar Hilman setelah Quweenjojo merilis video pengakuan dan permintaan maaf soal tudingan kasus pelecehan seksual.

Dokter Tirta paham banyak masyarakat jengkel terhadap Gofar Hilman karena terpengaruh bahasa vulgar dan obrolan Gofar di podcast.

Namun, melihat kemunculan video pengakuan Quweenjojo, dokter Tirta berpendapat seharusnya publik tidak mengadili Gofar Hilman sebelum dugaan kasus pelecehan seksual bisa dibuktikan.

Munculnya "cancel culture" dari publik membuat Gofar Hilman mengalami kerugian materi mulai dari dipecat dari pekerjaannya hingga kehilangan sponsor.

Baca juga: Sebut Adam Deni Masih Bisa Menghubunginya Setelah Ditangkap, Dokter Tirta Bakal Disomasi?

"Harusnya kita juga belajar tidak mengadili orng dulu. Inget kim seon ho? Sama nasibnya," tulis dokter Tirta.

"Kalian benci ama gofar, dan hanya mau meyakini apa yg kalian yakini. Bebas. Tapi jangan sampe kebencianmu ama gofar menjurus ama fitnah yg kamu legalkan juga Praduga tak bersalah, Kim seon ho, Gofar, Adalah 2 sosok yg bisa bangkit dari cancel culture," sambungnya.

Dokter Tirta pun meminta publik terus memantau kasus Gofar Hilman.

Sebagai informasi, aktor asal Korea Selatan, Kim Seon Ho, sempat dituding menjadi pelaku pelecehan seksual oleh mantan kekasihnya, Choi Young Ah. Kim Seon Ho bahkan dituding memaksa mantan kekasihnya melakukan aborsi.

Baca juga: Kuasa Hukum Adam Deni Bantah Pernyataan Dokter Tirta yang Mengaku Dihubungi Kliennya Usai Ditahan

Tudingan itu berdampak pada banyaknya proyek film, iklan, hingga acara ragam Kim Seon Ho yang dibatalkan.

Namun tak berselang lama, Dispatch membagikan bukti dan keterangan orang terdekat Kim Seon Ho bahwa pengakuan Choi Youn Ah adalah kebohongan.

Laporan tersebut memulihkan kepercayaan publik pada Kim Seon Ho hingga beberapa proyek iklan dan film gagal diputus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com