Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menarik di Balik Film Just Mom, Tayang 27 Januari 2022

Kompas.com - 21/01/2022, 10:31 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film yang mengisahkan rasa rindu seorang ibu terhadap anak-anaknya, Just Mom, dapat disaksikan di bioskop mulai 27 Januari 2022.

Dalam film itu, Christine Hakim berperan sebagai Siti, ibu dari tiga anak yang mulai kesepian sejak anak-anaknya sibuk bekerja dan jarang menemuinya.

Untuk mengisi rasa sepi dan rindunya, Siti merawat ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) bernama Murni, yang diperankan Ayushita.

Film Just Mom sebelumnya telah diputar pada Jakarta Film Week dan Jogja Netpac Asia Film Festival (JAFF) pada November 2021 lalu.

Baca juga: Main di Film Just Mom, Christine Hakim: Enggak Mungkin Tolak Hanung Bramantyo

Berikut cerita menarik di balik film Just Mom, seperti dirangkum Kompas.com.

Memahami arti kehadiran ibu

Bagi Christine Hakim, yang juga merupakan seorang ibu, film ini mengajarkannya untuk menyadari arti sesungguhnya dari kehadiran ibu.

Menurut Christine Hakim, setiap ibu memiliki perjalanan hidup masing-masing dan perannya dalam kehidupan tidak akan bisa tergantikan oleh apapun.

"Jadi, mendapat karakter sebagai ibu di sini saya belajar memahami bahwa (sosok) ibu tidak bisa digambarkan dengan kata-kata," ucap Christine Hakim saat jumpa pers film Just Mom di XXI Plaza Senanyan, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Christine Hakim Bersyukur Setiap Kali Berperan Jadi Ibu

Penghubung hubungan anak dan ibu

Kemudian, Christine Hakim mengatakan, menghidupkan peran ibu tidak akan pernah selesai untuk menggali pelajaran tentang arti hidup.

Ia berharap peran yang dimainkannya dalam film ini bisa membuat seorang anak lebih menghargai keberadaan seorang Ibu.

"Di film ini banyak sekali pelajaran yang didapatkan sebagai manusia mudah-mudahan pembelajaran dalam film ini, kita semua lebih menghargai keberadaan ibu," kata Christine Hakim.

Baca juga: Just Mom Umumkan Jadwal Tayang di Bioskop, Hadirkan Christine Hakim hingga Ayu Shita

Belajar dari kucing liar

Sementara itu, jalan cerita film Just Mom mengingatkan Ayushita dengan kucing-kucing liar yang ada di depan rumahnya.

Salah satu kucing liar itu memiliki rasa trauma didekati manusia. Ayushita lantas belajar mendalami karakternya dari kucing tersebut.

Peran Ayushita sebagai ODGJ bernama Murni juga memiliki rasa trauma terhadap manusia dan benda yang mengingatkan pengalamat pahit di masa lalunya.

"Kurang lebih melihat trauma si kucing ini dan aku mencoba mengaplikasikannya ke Murni. Ibaratnya seperti itu aku mau merasakan gimana rasanya (traumatik)" ucapnya.

Baca juga: Perankan ODGJ di Film Just Mom, Ayushita Observasi Kucing Liar

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com