Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediasi Doddy Sudrajat dan Faisal Kembali Gagal, Masih Adakah Kemungkinan Berdamai?

Kompas.com - 13/01/2022, 07:49 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat kembali menggelar sidang penetapan perwalian Gala Sky Andriansyah antara Faisal sebagai penggugat dan Doddy Sudrajat sebagai tergugat, Rabu (12/1/2022).

Dalam sidang perdana yang digelar pada 15 Desember 2021, majelis hakim PA Jakarta Barat memerintahkan mereka untuk melakukan mediasi di luar persidangan dalam waktu dua pekan.

Namun karena belum ada titik temu di antara keduanya, dalam sidang pada 29 Desember 2021, majelis hakim memperpanjang waktu mediasi hingga 12 Januari 2022.

Keluarga Faisal dan Doddy Sudrajat yang mangkir

Faisal dan istrinya, Dewi Zuhriati, hadir dalam kesempatan ini. Mereka juga ditemani kedua putranya, Frans dan Fadly.

Untuk menjalani persidangan dengan agenda hasil pembacaan mediasi, mereka didampingi kuasa hukumnya, Sandy Arifin dan Wijayono Hadi Sukrisno.

Baca juga: Doa Faisal untuk Dua Tahun Pernikahan Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel

Kendati demikian, Doddy Sudrajat tampak tidak hadir dan diwakilkan kuasa hukumnya, Tegar Firmansyah dan tim yang lain.

Setelah semua lengkap, masing-masing pihak masuk ke dalam ruang mediasi yang dimediatori oleh PA Jakarta Barat.

Mediasi gagal

Ya, mediasi mereka untuk penetapan perwalian Gala gagal lagi. Faisal memastikan selama dua pekan terakhir tidak ada pertemuan dengan Doddy Sudrajat.

Dalam pembacaan hasil mediasi, Teguh Firmansyah mengatakan, pihaknya telah membacakan penawaran agar kesepakatan bisa tercapai.

Penawaran tersebut berupa bahwa ia yang ditetapkan sebagai wali Gala, sedangkan Faisal dan dirinya bisa mengasuh secara bersama-sama.

Baca juga: Doddy Sudrajat Berencana Buat Laporan Polisi, Faisal: Mau Lapor Apa Lagi?

"Sebenarnya yang kepengin dari pihak Doddy itu perwalian di kita, asuh di Pak Faisal. Tapi tidak menutup kemungkinan asuh dilakukan secara bersama-sama," ungkap Tegar seusai persidangan.

Secara terpisah, Sandy Arifin mengatakan, pihaknya juga telah membacakannya beberapa usulan agar mediasi untuk keduanya tercapai.

"Usulannya ada beberapa poin, hanya, kami menyampaikan kepada pihak yang mengajukan perdamaian untuk mengirimkan secara resmi. Jadi, kami tidak mau hanya sekadar hanya membaca," kata Sandy Arifin.

Buka perdamaian

Meski mediasi gagal, Faisal tetap membuka pintu mediasi untuk Doddy Sudrajat di luar pengadilan walau perdamaian yang diselenggarakan secara resmi itu tidak menemui titik terang.

"Kalau mediasi secara resmi sudah gagal dan kami akan melakukan kesepakatan perdamaian di luar sidang dan sidang tetap berjalan," ucap Sukrisno.

Baca juga: Mediasi Gagal, Doddy Sudrajat Akan Surat Menyurat dengan Faisal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com