Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita soal Pak Ogah Panggil Nama Pak Raden hingga Keluarga yang Sudah Meninggal

Kompas.com - 12/01/2022, 15:38 WIB
Firda Janati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengisi suara Abdul Hamid atau dikenal dengan panggilan Pak Ogah, kini tengah terbaring lemah karena sakit.

Belum lama ini, video Pak Ogah memanggil-manggil nama mendiang pencipta Si Unyil, mendiang Drs Suryadi atau Pak Raden viral di media sosial.

Istri Pak Ogah, Yuyun Widyawati menjelaskan kejadian yang akhir-akhir ini sering terjadi pada suaminya.

Baca juga: Khawatir Pak Ogah Sering Meracau Minta Pulang, Istri Jadi Sering Begadang

"Selama lima hari ini menjelang magrib, matanya kosong tapi kayak ngobrol sama orang, tapi orang yang sudah meninggal," ujar Yuyun Widyawati saat ditemui Kompas.com di kediamannya kawasan Jatiasih, Bekasi, Selasa (11/1/2022).

Yuyun berujar, kebanyakan nama yang disebut suaminya adalah sanak saudara yang sudah meninggal dunia.

"Saya kan punya nenek, saya panggilnya emak, itu sudah 25 tahunan, dia (Pak Ogah) bilang 'ada emak, bawain kelapa'," ujar Yuyun.

Baca juga: Kondisi Terbaru Pak Ogah, Sulit Makan dan Ada Penyakit Selain Penyumbatan Darah di Otak

"Jadi, yang disebut itu sudah enggak ada. Kayak Pak Raden kemarin itu nangis. Semua orang (yang dipanggil) sudah meninggal," katanya menambahkan.

Selain itu, kata Yuyun, suaminya terkadang tidak mengingat nama-nama anaknya.

"Kemarin manggil anak 'teteh' teteh itu kan saya. Semua dipanggil 'teteh', tapi ingat. Saya kadang bingung gimana beritahukannya, nanti tiba-tiba parah, tiba-tiba dua jam kemudian baik," tuturnya.

Istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti saat ditemui di kediamannya kawasan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa (11/1/2022).KOMPAS.com/FIRDA JANATI Istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti saat ditemui di kediamannya kawasan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa (11/1/2022).

Yuyun sempat meminta obat kepada dokter karena ia bingung dengan kondisi suaminya yang terkadang baik tak lama kemudian kambuh lagi.

"'Dok, maaf ya dok ada enggak sih obatnya kok ini sakitnya kayak begini?' sudah enggak usah, ini semacam alzheimer. Jadi ibu enggak bisa bilang 'iya ini alzheimer', tapi semacam itu," kata Yuyun.

Baca juga: Istri Ceritakan Awal Mula Pak Ogah Sakit, Selalu Salah Kirim Foto dan Pesan di Ponsel

Seperti diketahui, saat pertama kali dirawat di rumah sakit, dokter mendiagnosis Pak Ogah mengalami penyumbatan darah di otak.

Saat dirawat untuk kedua kalinya, ditemukan penyakit lain dalam diri pengisi suara berusia 73 tahun itu yakni batu ginjal.

Pada akhir tahun sampai awal tahun baru, Pak Ogah juga sempat dirawat lagi karena mengalami kekurangan cairan tubuh dan kekurangan oksigen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com