Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putranya Debut di Panggung Teater, Lukman Sardi Akui Sempat Khawatir

Kompas.com - 17/12/2021, 19:30 WIB
Cynthia Lova,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Lukman Sardi mengaku khawatir melihat anaknya debut tampil dalam teater Mereka yang Menunggu di Banda Neira.

Terlebih dalam teater itu, Lukman Sardi juga ikut tampil menjadi dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Sementara, anaknya menjadi Des Alwi.

“Canggung enggak, aku punya kekhawatiran lah. Pertama, dia belum punya pengalaman berakting di panggung. Kekhawatiran itu bukan 'oh dia enggak bisa nih'. Tapi lebih ke apakah dia bisa menyerap dengan baik,” ujar Lukman Sardi dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/12/2021).

Lukman Sardi mengatakan, ia ingin anaknya, Akiva, belajar bagaimana proses akting dalam teater.

Baca juga: Debut Putra Lukman Sardi di Panggung Teater

 

Oleh karenanya, Lukman berharap agar anaknya itu bisa berakting lebih baik ke depan dengan bekal yang ia punya.

“Buat aku yang penting dia bisa berproses dengan baik, bukan dia dapat kesempatan pertama kali main tapi apa yang dia bisa pelajari dalam proses ini. Jadi sangat penting ke depannya,” ucap Lukman.

“Buat apa dia sekedar main, tapi tidak ada yang dia dapat. Jadi kekhwatirannya itu bagaimana dia mampu menerima proses itu dengan baik, mampu menjalani proses itu dengan baik,” katanya lagi.

Namun, kekhawatirannya itu ternyata tak berlangsung lama. Lukman Sardi menilai akting anaknya cukup membanggakan.

Baca juga: Lukman Sardi Sempat Putuskan Tak Ingin Menikah gara-gara Ini

Lukman Sardi mengatakan, anaknya itu sangat berusaha untuk tampil baik di panggung teater.

“Dan ternyata apa yang aku lihat dia cukup membanggakan karena dia bisa berproses dengan baik. Sekali lagi aku menekankan kalimat proses, karena aku selalu bilang sama dia ‘enggak ada tuh yang namanya instan, semua mengalami perjalanan proses. Ini ada kesempatan baik buat kamu, kamu pakai dengan benar’,” ucap Lukman.

“Yang kebanggaan buat aku sendiri ternyata itu sangat besar yang tadinya aku khawatir apakah ini dia bisa lakukan, dia bisa berproses,” ujarnya lagi.

Menurut Lukman Sardi, sang anak bisa berproses dengan baik hingga tampil ciamik di depan panggung teater.

Ia mengaku, telah melihat bakat akting anaknya sejak lama. Tetapi, Lukman baru membolehkan anaknya belajar akting di umurnya 12 tahun.

Baca juga: Cerita Lukman Sardi Punya Banyak Saudara di Jakarta

“Saya sudah lihat talentanya cukup lama. Aku enggak mau cepat-cepat apakah ini sesuatu yang dia ingini banget. Tiba-tiba ada seorang Happy Salma dan kang Wawan (sutradara) mempercayakan Akiva langsung menawarkan ini,” kata Lukman Sardi.

“Akiva senang sekali, buat aku ini bagus banget buat dia belajar dia proses ke aktor itu. Jadi aku merasa dia harusnya bersyukur karena dia belajar di tempat dan waktu yang benar,” tutur Lukman.

Diketahui, selain Lukman Sardi dan Akiva, ada Reza Rahadian sebagai Sutan Sjahrir, Tanta Ginting sebagai Mohammad Hatta, Verdi Solaiman sebagai Iwa Koesoema Soemanteri, dan Willem Bevers sebagai Kloosterhuis.

Saksikan teater Mereka yang Menunggu di Banda Naira di kanal YouTube IndonesiaKaya mulai Jumat, 17 Desember 2021 Pukul 19.00 WIB selama enam bulan ke depan.

Baca juga: 4 Pengakuan Lukman Sardi, dari Suka Ngutang hingga Lirik Perempuan Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com