Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakon Mereka yang Menunggu di Banda Neira Tayang Hari Ini, Dibintangi Reza Rahadian

Kompas.com - 17/12/2021, 18:35 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Titimangsa Foundation dan Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan lakon berjudul Mereka yang Menunggu di Banda Naira.

Setelah sukses dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada 25 November lalu secara terbatas, lakon ini bisa disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya mulai Jumat, 17 Desember 2021 pukul 19.00 WIB selama enam bulan ke depan.

Lakon Mereka yang Menunggu di Banda Naira mengangkat kisah pertemuan empat tokoh pergerakan Indonesia.

Baca juga: Yuk Tonton Lakon SAVITRI, Kisah Kesetiaan dan Kesabaran Cinta

Mereka adalah Sutan Sjahrir, Mohammad Hatta, dr Tjipto Mangoenkoesoemo, dan Iwa Koesoemasoemantri di tanah pembuangan Banda Naira.

”Lakon Mereka yang Menunggu di Banda Naira diselenggarakan secara hybrid, sebagai bukti bahwa dunia seni pertunjukan di Indonesia dan para pekerja seni selalu menemukan cara untuk terus hidup dan berkembang dalam situasi dan kondisi apa pun,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/12/2021).

Renita berharap lakon ini bisa menjadi hiburan dan juga bisa mengedukasi masyarakat mengenai sejarah tokoh besar di Banda Neira.

Baca juga: Setelah 10 Tahun, Lakon Doel Akan Ditayangkan Live Streaming

“Semoga penayangan lakon ini di kanal YouTube IndonesiaKaya dapat menjadi solusi hiburan serta sajian di penghujung tahun yang mengedukasi dan menambah wawasan para penikmat seni di berbagai daerah tentang sejarah pertemuan para tokoh penting pergerakan Indonesia ini,” tutur Renitasari.

Produser Mereka yang Menunggu di Banda Naira, Happy Salma menimpali, para peminat seni bisa melihat jelas setiap pergantian babak dan set, kerja sama aktor, dan kru yang terasa begitu dekat dan nyata.

Bagi Happy Salma pribadi, lakon ini membuka banyak pikiran akan cita-cita kemerdekaan yang diucapkan oleh Bung Sjahrir, Bung Hatta, Bung Iwa Soemantri, dan Bung Cipto.

Baca juga: Sinopsis Broken Hearts: Cinta Segitiga Reza Rahadian, Julie Estelle, dan Darius Sinathrya

Termasuk ucapan Des alwi dan perempuan Belanda yang bernama Maria.

“Ucapan dari mereka nantinya begitu menohok, terutama soal keragaman dan harga diri,” ujar Happy Salma.

"Semoga penikmat seni yang akan menyaksikan lakon ini dari rumah secara virtual dapat merasakan energi yang sama dengan para penikmat seni yang melihatnya secara langsung," lanjutnya.

Selama kurang lebih 120 menit, Mereka yang Menunggu di Banda Naira menceritakan tentang pertemuan empat tokoh pergerakan Indonesia, yakni Bung Syahrir, Bung Hatta, Bung Tjipto dan Bung Iwa, di tanah pembuangan Banda Naira.

Baca juga: Fakta Menarik Lagu Patah, Makna Mendalam dan Reza Rahadian Sebagai Modelnya

Pada 1936, Sjahrir dan Hatta tiba di Banda Naira sebagai tahanan politik.

Mereka bertemu dengan tahanan politik lainnya, Tjipto dan Iwa yang sudah terlebih dahulu berada di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com