Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh di Tengah Anak-anak Crazy Rich, Jerome Polin: Mental Aku Terbentuk Banget di Situ

Kompas.com - 04/12/2021, 12:33 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Jerome Polin menceritakan bagaimana dirinya tumbuh di tengah anak-anak crazy rich atau orang kaya.

Bicara soal perjalanan dirinya menempuh pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, Jerome menyebut mental bersaing yang ia miliki tumbuh sejak kecil.

Saat hadir di podcast Deddy Corbuzier, Jerome bercerita dirinya belajar di sekolah dasar nasional plus yang dipenuhi anak-anak crazy rich.

Jerome berkesempatan sekolah di sana lewat beasiswa. Diakui, ia hanya membayar 10 persen dari biaya yang seharusnya dikeluarkan.

Baca juga: Dipuji Tampan oleh Deddy Corbuzier, Jerome Polin Tersipu

Beasiswa yang didapatkan Jerome juga mencakup uang buku dan seragam sekolahnya.

"Dulu pas SD ya, jadi kan aku sekolahnya itu sekolah internasional, enggak internasional sih, kayak nasional plus gitu. Aku bisa masuk situ karena aku beasiswa. Beasiswanya itu kayaknya aku cuma bayar 10 persen. Jadi itukan high class gitu kan sekolahnya," ucap Jerome dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Sabtu (4/12/2021).

Jerome merasa mental bersaingnya tumbuh saat ia sekolah bersama anak-anak orang kaya.

"Mental aku terbentuk banget di situ, mulai dari barang yang aku pakai, sepatu yang aku pakai, gitu kan, beda banget kalau dibandingin sama mereka gitu," ujar dia.

Baca juga: Alasan Jerome Polin Tak Tergoda Buat Konten Prank Saat Merintis Jadi YouTuber

Jika anak-anak lain diantar menggunakan mobil keluaran terbaru, Jerome bercerita dirinya hanya diantar menggunakan sepeda motor atau mobil Panther keluaran lama.

Tak lantas jadi minder, Jerome justru menjadi lebih giat belajar agar bisa mengalahkan anak-anak crazy rich dengan segudang fasilitas mereka.

"Papa Mamaku bilang, 'Kamu enggak boleh taruh your confident, kayak kepercayaan dirimu, atau harga dirimu, di apa yang kamu pakai, tapi apa yang kamu bisa'," kata Jerome.

Baca juga: Heboh Jerome Polin Ketemu Tsana Rintik Sendu, Ada Apa?

Beda dunia Jerome dengan teman-teman SD-nya membuat YouTuber pemilik 8 juta subscribers itu merasa harus bisa bersaing di bidang pendidikan.

"Aku dulu enggak bisa ngeles pelajaran karena ya enggak ada uang. Sedangkan teman-temanku semua ngeles, Jadi ya 'Kamu harus buktiin, kamu bisa, kamu belajar sendiri, belajar yang rajin. Kalau kamu juga kalah gitu di bidang edukasi, pendidikan, di bidang nilai sama teman-temanmu, kamu diremehkan, kamu enggak bisa bersaing," kata Jerome.

"Sudah ekonomi kalah, sudah susah, kamu harus lawan," lanjut dia.

Melihat kerasnya perjuangan Jerome hingga bisa sesukses sekarang, surara Deddy Corbuzier bergetar.

Baca juga: Datangkan Jerome Polin, Raditya Dika Sukses Kejutkan Adik-adiknya

Ia bangga melihat Jerome, lantaran dirinya sendiri datang dari keluarga kurang mampu.

"Sama kok, gue juga berasal dari keluarga yang susah, jadi gue ngerasain apa yang terjadi sebenarnya," ucap Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com