Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Rekaman Lagu, Andika Mahesa Jadi Kuli Bangunan dan Jualan Es Cendol

Kompas.com - 26/11/2021, 12:53 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andika Mahesa mengisahkan bagaimana mendapatkan uang Rp 300.000 untuk biaya rekaman salah satu lagu Kangen Band.

Pada awalnya, Andika yang masih kecanduan narkoba jenis ganja mendapat penawaran dari gitaris Dodhy untuk bergabung ke Kangen Band.

"Dodhy sudah rekaman. 'Lu mau enggak bayar?', katanya. 'Nanti ganti vokalisnya lu', 'gue bilang, gue mendingan beli gele daripada gue rekaman'," ucap Andika seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube PROST CLUB TV, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Sebelum Jadi Vokalis, Andika Mahesa Ternyata Tukang Jaga Sandal Personel Kangen Band

Dodhy menjelaskan, apabila lagunya terkenal dan meledak di Lampung, kampung halaman mereka, Kangen Band bakal menjadi home band di sebuah kafe.

"Akhirnya dari situ gue rekaman sama Dodhy, kumpulin uang. Gue (kerja) di bangunan (kuli) dipecat karena enggak bisa bangun pagi. Akhirnya gue dagang es, agak mendingan. Dangan es cendol dawet bisa jam 10 gue bangun, masih agak santai," ungkap Andika Mahesa.

Setelah satu hingga dua bulan berjualan es cendol, Andika akhirnya bisa membayar uang patungan untuk rekaman lagu Kangen Band.

Baca juga: Andika Mahesa: Dulu Gue Diusir, Sekarang Diundang

 

"Akhirnya gue berangkat, dagang es, kurang lebih gue satu hingga dua bulan, terkumpul uang itu, akhirnya gue rekaman sama Dodhy," ujar Andika Mahesa.

Hanya satu harapan pria yang akrab disapa Babang Tamvan pada masa itu, dia hanya ingin lagu tersebut didengar oleh masyarakat luas dan kerja di kafe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com