Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arzeti Bilbina: Pesantren Ajarkan Santri Mengenal Perbedaan

Kompas.com - 24/10/2021, 19:06 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran sekaligus anggota DPR RI Arzeti Bilbina melakukan kunjungan ke beberapa pesantren di Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Anggota dari Fraksi PKB ini mengatakan, keberadaan pondok pesantren begitu penting.

Pesantren mengajarkan para santri untuk tidak berpikir oposisi-biner, sebuah gaya berpikir yang selalu mempertentangkan setiap perbedaan.

Baca juga: Arzeti Bilbina Berharap Indonesia Bisa Pulih dan Bangkit dari Virus Corona

"Di pesantren kita diajarkan bahwa perbedaan itu adalah sunnatullah. Perbedaan tidak perlu dipertentangkan, akan tetapi disikapi secara arif agar bisa berjalan beriringan," ujar Arzeti baru-baru ini.

Ada konsep barakoh yang selalu diteladani para santri di pondok pesantren.

Arzeti mengatakan dalam kehidupan pesantren, barokah menjadi hal penting yang dijadikan pegangan santri.

Baca juga: Arzeti Bilbina Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Dapilnya

Sebab yang selama ini orang dengar, kata dia, setinggi apa pun ilmu yang didapatkan jika tidak mendapatkan barokah sang kiai, maka ilmu yang didapat akan sia-sia.

Menurut Arzeti, pesantren terbukti mampu menjadi pusat peradaban sekaligus menjawab berbagai persoalan negeri dalam berbagai momentum krisis bangsa ini.

Baca juga: Arzeti Bilbina Sebut Pendapatan Rumah Tangga Turun Selama Pandemi dan Bicara Beasiswa Yatim

"Hal paling penting yang bisa didapat dari pesantren adalah Akhlak. Akhlak yang dimaksud di sini bukan sekedar persoalan etika semata. Karena etika lebih kepada persoalan pola sikap dan pola ucap. Semisal, seorang koruptor yang sosialnya bagus tidak bisa dikatakan berakhlak. Karena apa yang ia lakukan tidak sesuai dengan kebenaran hatinya", ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Arzeti mengunjungi beberapa pesantren di antaranya Pondok Pesantren Nurut Tahrifi dan Al Jihad di Surabaya, Bahrul Hidayah, An Nafi'yah, Sabilunnajah yang ketiganya berada Sidoarjo untuk berikan bantuan berupa Al- Qur'an dan Juzz Amma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com