Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama BPI, Netflix Salurkan Dana Bantuan untuk Pekerja Film Indonesia

Kompas.com - 16/09/2021, 13:26 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Pada hari ini, Kamis (16/9/2021) Netflix mengumumkan kerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) untuk menyalurkan dana bantuan untuk pekerja film dan televisi yang terdampak pandemi.

Dana yang disalurkan senilai 500 ribu dollar AS atau setara Rp 7,1 miliar.

Baca juga: Tips Mengubah Tampilan Subtitle hingga Menghemat Kuota Data di Netflix

Dana itu termasuk dalam dana bantuan (Hardship Fund) global Netflix senilai 150 juta dollar AS setara Rp 2,1 triliun yang diluncurkan untuk membantu komunitas kreatif dan sebagian besarnya disalurkan bagi pekerja sektor film.

Bantuan itu diharapkan dapat memberi dukungan finansial perorangan bagi para kru dan pekerja lepas di industri film dan televisi Indonesia yang mengalami kesulitan di masa pandemi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Serial Thailand Adaptasi Drama Korea di Netflix.

Dana yang diberikan sebagai bantuan jangka pendek untuk membantu mencukupi biaya hidup mendasar.

Dalam keterangan tertulis, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi BPI yang berkolaborasi dengan Netflix.

"Kami berharap sinergi dan dukungan dari seluruh unsur Pentahelix (pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat dan media) dapat menciptakan inovasi dan kreativitas dalam mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: 4 Rekomendasi Serial Asal Jerman di Netflix yang Wajib Ditonton

Dalam rangka mendorong akselerasi pemulihan sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor film tahun 2021, Kemenparekraf/Baparekraf juga akan melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Subsektor Film melalui tiga skema.

Pertama adalah Skema Promosi Film Indonesia, kedua Skema Produksi Film Indonesia dan ketiga Skema Pembelian Lisensi Film Indonesia.

Melalui program-program tersebut, diharapkan industri perfilman Indonesia dapat berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian.

Baca juga: Sinopsis Theres Someone Inside Your House, Tayang Oktober di Netflix

"Sehingga penyerapan tenaga kerja di industri perfilman dan siklus produksi film dapat berjalan kembali," tutur Sandiaga Uno.

Ketua Umum BPI Chand Parwez Servia menyatakan, mereka menghargai dukungan Netflix dalam membantu pekerja film dan televisi di Indonesia yang terdampak pandemi.

"Kami akan memprioritaskan pekerja yang paling terdampak dan sangat membutuhkan bantuan, juga dengan mempertimbangkan daya juang penerima dalam hal finansial," ujar Chand Parwez.

Baca juga: Sinopsis You vs. Wild: Out Cold, Tayang 14 September di Netflix

Sementara Director of Public Policy SEA Netflix, Ruben Hattari, berharap bantuan itu dapat memberikan dukungan bagi para pekerja industri hiburan.

"Semoga dengan dukungan pada masa yang sulit ini mereka dapat segera kembali menjalankan proyek-proyek kreatif,” kata Ruben Hattari.

BPI akan membentuk komite independen yang melibatkan 18 asosiasi profesi perfilman untuk menentukan para pekerja film yang akan menerima bantuan.

Komite independen itu akan bekerja dari bulan September hingga November 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com