Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coki Pardede: Percaya atau Tidak, Gue Join Stand Up Comedy untuk Terapi Diri Sendiri

Kompas.com - 08/09/2021, 16:24 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coki Pardede mengungkapkan, menjadi salah satu komika di Indonesia sebagai bentuk terapi untuk dirinya sendiri.

"Percaya atau enggak, gue itu join stand up comedy sebenarnya sebagai momen terapi untuk diri gue sendiri," tegas Coki Pardede seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu, (8/9/2021).

Pemilik nama lahir Reza Pardede itu tidak menampik bahwa konteks komika adalah memberikan materi yang dibalut dengan komedi sehingga membuat orang lain tertawa.

"Tapi kalau buat gue, pada saat gue naik ke atas panggung, gue membuat jokes, dan ada orang tertawa, orang tertawanya sebenarnya bonus," kata Coki Pardede.

Baca juga: Coki Pardede Bebas dari Ancaman Penjara 6 Tahun

Terapi yang dimaksud Coki Pardede itu seperti meluapkan emosi serta keresahan yang ia alami selama ini.

Lebih lanjut, menurut Coki Pardede, setiap penonton memiliki standar humor yang berbeda-beda sehingga harus bekerja keras untuk membuat orang lain tertawa.

"Capeknya luar biasa. Karena standarnya orang lain, standarnya bukan apa yang pengin lu omongin. Kalau tujuan lu untuk bikin orang lain ketawa, ya itu tentang orang lain, itu bukan tentang lu," ungkap Coki Pardede.

"Harusnya kalau kita ingin melakukan sesuatu, apapun itu, pertama-tama lakukan itu untuk diri sendiri, kalau buat gue," ucap Coki Pardede melanjutkan.

Baca juga: Coki Pardede Direhabilitasi, Polisi: Dia adalah Korban

Dari tujuan awal ingin untuk terapi diri sendiri, Coki Pardede mengaku, motivasinya pada saat itu sempat bergeser dengan mengikuti tolak ukur humor penonton.

Pada suatu momen, Coki Pardede sangat terpukul karena melihat orang lain tidak tertawa atas komedi yang ia suguhkan.

Setelah merenungi, akhirnya Coki Pardede kembali ke tujuan awal. Dia menyimpulkan, ada suatu hal positif dari diri sendiri ketika menjalaninya dengan ketulusan.

Baca juga: Polisi: Proses Hukum Coki Pardede Sudah Selesai

"Tapi kalau fokusnya lu dari awal, 'aku akan membuat tertawa', enggak apa -apa sih, tapi kalau lu bukan Superman, it's gonna be hard. Dan pada saat lu gagal, itu akan pukul lu dengan sangat luar biasa keras sih," kata Coki Pardede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com