Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Kesehatan, Arzeti Bilbina Bicara Bahaya BPA terhadap Bayi dan Ibu Hamil

Kompas.com - 31/08/2021, 18:57 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Arzeti Bilbina mendukung agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berani memberi pelabelan terhadap kemasan plastik dan galon guna ulang yang mengandung Bisphenol A (BPA).

"Prinsipnya saya mendukung Komnas Anak dan elemen masyarakat yang lain yang berjuang agar BPOM segera memberi label peringatan konsumen pada kemasan plastik yang mengandung BPA," ujar Arzeti dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Demi Capai Herd Immunity, Arzeti Bilbina Imbau Masyarakat Tak Takut Divaksin

Tujuan Arzeti mendukung pelabelan tersebut agar wadah atau kemasan plastik tersebut tidak digunakan oleh bayi, balita, dan janin. Menurut dia, mereka adalah kelompok usia rentan.

"Saya perlu tegaskan, yang menjadi perhatian saya adalah kesehatan masyarakat. Apalagi menyangkut bayi, balita dan janin. Itu jelas prioritas utama," ujarnya.

Baca juga: Arzeti Bilbina Sebut Pendapatan Rumah Tangga Turun Selama Pandemi dan Bicara Beasiswa Yatim

Hal yang sama juga disampaikan dokter Farabi El Fouz yang menyebut BPA berbahaya untuk ibu hamil, janin, dan balita. Ia meninjaunya secara medis atas ilmu kesehatan.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka akan konsisten dalam perjuangan untuk mendorong BPOM segera memberi label peringatan kosumen pada galon guna ulang dan kemasan plastik lainnya dengan kode No 7, yang mengandung BPA agar tidak digunakan oleh bayi, balita, dan janin pada ibu hamil.

Baca juga: Arzeti Bilbina Edukasi tentang Bahaya BPA dalam Kemasan Plastik

"Bahaya BPA memang tidak serta merta, tetapi masuk sedikit demi sedikit. Jika terakumulasi dalam waktu yang lama maka di situlah akan terlihat dampaknya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com