Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerome Polin: Kalau Aku Bikin Konten Settingan, Apakah Pemasukan Aku Berkah?

Kompas.com - 21/08/2021, 20:10 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber pemilik kanal Nihongo Mantappu, Jerome Polin, mengungkapkan pemikirannya sebagai pembuat konten.

Jerome mengaku merasa bertanggung jawab atas waktu yang telah diberikan penonton untuk menyaksikan konten yang ia sajikan.

"Content creator tuh dapat pemasukan dari waktu yang diberikan oleh penonton. Nah artinya aku harus kasih manfaat atau value buat penonton, sebagai ganti waktu kalian," tulis Jerome Polin di fitur Instagram story-nya, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Jerome Polin Tegaskan Tak Pernah Buat Konten YouTube Settingan

Maka itu, ia mengaku enggan membuat konten settingan atau rekayasa.

"Kalau aku bikin content settingan yang merupakan pembodohan, apakah pemasukan yang aku dapat itu "berkah"? Aku rasa enggak," tutur Jerome.

Baca juga: Jerome Polin Bakal Jadi Pembicara di Detik-Detik Upacara HUT Ke-76 RI, Sejak Dini Hari Mulai Sibuk Latihan

Pria yang kuliah di Waseda University itu mengaku tak mau membuat konten settingan yang penuh drama tetapi palsu, walaupun tahu akan mendapat banyak penonton.

"Aku enggak mau dapat uang dari hasil pembodohan meskipun aku tahu itu bakal laku. Aku harus kasih manfaat atau value dalam tiap video aku," tulis Jerome.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com