Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabet Golden Leopard di Locarno Film Festival, Edwin: Saya Harap Film Indonesia Bisa Bangun Lagi

Kompas.com - 17/08/2021, 20:25 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Edwin lewat filmnya yang berjudul Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil meraih penghargaan Golden Leopard di Locarno International Film Festival 2021.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Edwin berharap industri film Indonesia dapat kembali bangkit. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Saya berharap film Indonesia bisa bangun lagi, semangat lagi, memang dua tahun belakangan ini terasa berat buat kita semua. Dan cukup enggak jelas masa depan kita adanya pandemi yang berkepanjangan ini,” kata Edwin kepada Kompas.com via telepon, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Raih Penghargaan di Locarno Film Festival 2021, Edwin: Tujuannya Memperkenalkan Film Ini di Internasional

“Harapan saya buat penonton Indonesia juga, termasuk pelaku industrinya dan juga pemerintah yang melindungi ini semua, harapan saya bisa segera dengan lebih strategis lagi menyelesaikan pandemi ini,” lanjutnya.

Edwin sendiri menjadi sutradara pertama di Indonesia yang membawa pulang penghargaan Golden Leopard.

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sukses bersaing dengan berbagai film lain di dunia, salah satunya Zeros and Ones garapan aktor Ethan Hawke.

Baca juga: Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Edwin Raih Golden Leopard di Locarno Film Festival

Film yang diadaptasi dari novel Eka Kurniawan ini dibintangi oleh Marthino Lio (berperan sebagai Ajo Kawir), Ladya Cheryl (Iteung), Reza Rahadian (Budi Baik), Ratu Felisha (Jelita), dan Sal Priadi (Tokek).

Film ini bercerita tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati.

Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia.

Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur, jungkir balik, hingga dia jatuh cinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com