Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Mola TV Tayangkan Film Tjoet Nja' Dhien

Kompas.com - 16/08/2021, 18:30 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan HUT Ke-76 RI, layanan streaming Mola akan menayangkan film kolosal Tjoet Nja’ Dhien pada 17 Agustus 2021.

Film ini telah direstorasi setelah 33 tahun lalu diproduksi perdana.

Film Tjoet Nja’ Dhien disutradarai oleh Erros Djarot pada tahun 1988, dan dibintangi oleh Christine Hakim dan Slamet Rahardjo Djarot.

Film ini menyabet delapan Piala Citra, termasuk untuk Film Terbaik, pada Festival Film Indonesia 1988.

Tidak hanya sukses di dalam negeri, Tjoet Nja’ Dhien juga menjadi film Indonesia pertama yang diputar di Festival Film Cannes pada 1989.

Untuk bisa menonton film ini di Mola penonton tidak dikenai biaya apapun atau gratis.

Selama masa promosi berlangsung, penonton cukup melakukan registrasi dan login saja di website atau aplikasi Mola dan selanjutnya bisa langsung menyaksikan film tersebut.

Film Tjoet Nja’ Dhien adalah sebuah film sejarah yang menceritakan perjuangan pahlawan Aceh, Tjoet Nja’ Dhien, melawan penjajahan Belanda.

Perlawanan rakyat Aceh kala itu menjadi perang terpanjang dalam sejarah penjajahan Belanda.

Film ini menarik, karena tidak hanya menceritakan strategi yang diambil oleh Tjoet Nja’ Dhien dan dilema-dilema yang ia hadapi sebagai pemimpin, tapi juga menampilkan kekalutan tantara Belanda melawan rakyat Aceh.

Film ini menghabiskan anggaran Rp 1,5 miliar untuk produksi. Angka ini sangat fantastis pada masa itu, karena umumnya pembuatan film kolosal hanya menghabiskan Rp 500 juta.

Tidak heran, pembuatan film ini menghabiskan waktu tiga tahun karena kekurangan biaya. Bahkan para aktor yang terlibat pun rela tidak dibayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com