Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Karya Sutradara Mouly Surya Peroleh Subsidi Cinemas du Monde dari Perancis

Kompas.com - 13/08/2021, 18:46 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film terbaru karya sutradara Mouly Surya yang berjudul Perang Kota memperoleh subsidi Aide aux cinémas du monde dari Kementerian Kebudayaan dan Kementerian Luar Negeri Perancis.

Subsidi tersebut dikelola oleh Centre National du Cinéma et de l'Image Animée (CNC) dan Institut Français.

Perang Kota adalah satu dari enam film yang mendapatkan subsidi tersebut dalam kategori sutradara berpengalaman lebih dari dua film.

Baca juga: Jessica Alba Bintangi Film Arahan Sutradara Indonesia Mouly Surya

Perang Kota diadaptasi dari novel karya sastrawan Tanah Air, Mochtar Lubis, yang berjudul Jalan Tak Ada Ujung.

Novel yang diterbitkan pertama kali pada 1952 ini bercerita tentang Isa, seorang pahlawan perang dan juga guru sekolah di Jakarta.

Isa mencoba meraih kembali kejayaan lamanya demi sejumlah uang dalam misi meledakkan sebuah bioskop untuk membunuh seorang jenderal Belanda.

Baca juga: Mouly Surya Sempat Merasa Ngeri dengan Komentar Kritikus Film Cannes

“Ini menandai proyek kedua kami yang mendapat dukungan dari salah satu funding terpenting di industri film, Cinema du Monde. Dukungan ini akan memungkinkan keterlibatan teknisi dan professional film terbaik dari Prancis untuk bergabung dengan tim produksi kami," kata produser Rama Adi dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Subsidi tersebut diberikan melalui mitra ko-produksi asal Perancis yaitu Isabelle Glachant dari Shasha and Co Production.

Syaratnya, 50 persen dari subsidi itu harus dikeluarkan sebagai jasa dari Perancis.

"Saya senang bisa kembali bergabung menjadi tim produser yang terlibat dalam proyek baru ini. Proyek film Perang Kota adalah tantangan artistik dan produksi, tempat yang sempurna untuk bakat Mouly Surya," ujar Isabelle Glachant.

Baca juga: Warisan Garin Nugroho untuk Mouly Surya

Cinémas du Monde adalah komite yang memilih project berdasarkan skenario film dengan beberapa kriteria penilaian.

Antara lain, kriteria artistik, kemampuan menunjukan sudut pandang dan ide baru dalam skenarionya, serta visi sutradara.

“Prancis selama beberapa dekade melekat pada ko-produksi internasional yang memberi ruang dan dukungan bagi sutradara non-prancis untuk mewujudkan visi dan cerita mereka sendiri," ujar Isabelle menambahkan.

Sebagai informasi, film Perang Kota diproduseri oleh Rama Adi, Fauzan Zidni dan Chand Parwez Servia.

Saat ini, Mouly sedang berada di Amerika Serikat untuk mempersiapkan produksi film bergenre action-thriller, Trigger Warning, yang dibintangi oleh Jessica Alba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com