Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain BTS, 5 Grup Idol Juga Memasukkan Bahasa Isyarat dalam Koreografi

Kompas.com - 05/08/2021, 15:42 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebelum lagu BTS "Permission to Dance" yang menyematkan bahasa isyarat dalam koreografi mereka, ternyata sudah ada grup idol lain yang melakukan aksi serupa.

Dari MAMAMOO hingga BTOB, berikut bahasa isyarat yang ada dalam koreografi lagu mereka.

MAMAMOO

Lagu "Starry Night" MAMAMOO yang bercerita tentang patah hati menyakitkan dan kesulitan untuk move on ini menyertakan bahasa isyarat dalam koreografi mereka.

Mereka menggunakan bahasa isyarat dari "bintang bersinar" sambil terus menyanyikan "Starry Night" secara berulang di bagian chorus.

Baca juga: Cerita di Balik Penggunaan Bahasa Isyarat dalam Koreografi Permission To Dance

SEVENTEEN

Apa cara yang lebih baik untuk mengucapkan terima kasih sebagai seorang seniman selain menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh fandom dalam setiap bahasa?

Karenanya munculnya tanda 'terima kasih' tidak terlihat dalam koreografi SEVENTEEN.

Tetapi gerakan ini hanya dapat dilihat jika cukup fokus pada bagian di mana para anggota dengan sungguh-sungguh menyanyikan lagu "Thanks" secara berulang.

Weki Meki

Dalam perhelatan Olimpiade musim dingin PyeongChang tahun 2018, Weki Meki mengirim pesan dukungan untuk peserta lewat lagu "Butterfly".

Baca juga: Kini Sukes, 5 Idol Kpop Ini Dulu Justru Berlatih Menjadi Atlet

Bagian terbaiknya adalah, seluruh koreografi dibuat dari lirik lagu mereka dalam bahasa isyarat.

LABOUM

Lirik lagu "Heal Song" memberi pendengar kekuatan untuk melanjutkan dan meyakinkan mereka tentang melakukan pekerjaan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Di akhir pertunjukan, para anggota memberikan bahasa isyarat di bagian terakhir karena mereka ingin lagu penyembuhan mereka menjangkau khalayak yang lebih luas.

Baca juga: Dianggap Pintar, 7 Idol Kpop Ini Dikenal Memiliki IQ Tinggi

BTOB

Menggabungkan bahasa isyarat ke dalam koreografi untuk "Missing You" adalah ide BTOB dan disetujui oleh koreografer mereka.

Isyarat itu ada dalam lirik, "Setahun berlalu karena aku merindukanmu," digunakan dalam koreografi, dengan penyesuaian yang dibuat pada judul lagu agar lebih terlihat seperti gerakan tarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com