Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oka Antara Akui Lebih Berpikir Kritis Sejak Terjun ke Dunia Seni Peran

Kompas.com - 16/07/2021, 16:36 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Oka Antara berbagi cerita tentang kehidupan masa kecilnya yang tidak pernah mempertanyakan hal apapun.

Oka Antara hanya mengikuti arus hidupnya. Ia bahkan tak mengetahui akan mengambil jurusan apa saat kuliah karena tidak pernah diberi kesempatan untuk berpikir.

"Kayak semuanya tuh berjalan dengan lancar dalam kehidupan gue, mungkin segala sesuatunya gampang kalau buat di keluarga gue kali ya," kata Oka Antara, dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Jumat (16/7/2021).

Namun, semua berubah ketika memulai kariernya di industri hiburan sebagai aktor. Oka Antara mau tidak mau harus berpikir kritis.

"Jadi, ketika gue mulai sesuatu di film, yang di mana gue harus berpikir kritis dan harus mulai dari nol banget, gue pernah jadi figuran. Itu gue baru ngerasain "oh ini ya rasanya dimaki-maki'," kata Oka Antara.

Baca juga: Selamat, Oka Antara Jadi Pemeran Utama Pria Terbaik di ACCA 2019

Penuh perjuangan, Oka Antara sampai sekarang masih mengingat baru mendapat peran pertama setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia seni peran.

"Gue bahkan sudah lupa pekerjaan pertama gue, kayaknya waktu gue umur 19 tahun kali ya," ujar Oka.

Aktor berusia 40 tahun itu mengatakan, kehidupannya sedari dulu tak pernah kekurangan. Ia bahkan pernah tinggal di luar negeri.

Oleh karena itu, Oka Antara mengaku syok ketika harus beradaptasi dengan kerasnya bekerja di industri perfilman.

"Tiba-tiba mulai kerja di film harus mulai dari nol itu syok banget, kayak adaptasinya. Gue enggak pernah dibentak-bentak, under perform terus orang negor gue. Di film gue ngerasain itu," ujar Oka Antara.

Baca juga: Parasite Boyong Piala Oscar 2020, Oka Antara Bangga Film Asia Bisa Unjuk Gigi

Sebelum terjun ke dunia akting, pemilik nama lengkap Nyoman Oka Wisnupada Antara itu sebenarnya mengawali karier sebagai rapper.

Kemudian, ia melebarkan sayapnya menjadi seorang model dan aktor.

Selama berkarier di industri hiburan Tanah Air, Oka Antara telah membintangi puluhan judul film.

Beberapa di antaranya adalah Mencari HilalAyat-Ayat Cinta, Perempuan Berkalung Sorban, Hari Untuk Amanda, The Raid, Sang Penari, Foxtrot Six, dan lainnya.

Baca juga: Oka Antara Kalahkan Aktor Senior Slamet Rahardjo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com