Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pilu Baskara Putra soal Tukang Cukur Langganan Meninggal karena Covid-19

Kompas.com - 02/07/2021, 19:47 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Baskara Putra menuturkan sebuah cerita sedih tentang barber (tukang potong rambut) langganannya.

Barber itu bernama Ibel. Dia sudah cukup lama menjadi langganan keluarga Baskara.

Sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020, keluarga Baskara Putra mencukur rambut di rumah.

"Kakak gue baru tahu kalau dia (Ibel) kena Covid-19 di hari keempat. Sayangnya kondisi Ibel terus memburuk," tutur Baskara Putra seperti dikutip Kompas.com dari akun Instagram-nya, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Positif Covid-19, Iko Uwais Ungkap Sedang Istirahat dan Diawasi Ketat Dokter

"Siang ini terburuk, dan baru dapat rumah sakit hari ini setelah berhari-hari diusahakan dicarikan tempat," tulis vokalis band .Feast itu.

Akhirnya mereka berhasil mendapatkan rumah sakit untuk Ibel. Namun kesulitan lain muncul. Tidak ada ambulans dan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya.

"Akhirnya berhasil dijemput, namun sedihnya terlambat dan Ibel meninggal dunia hari ini," tutur Baskara.

Baca juga: Indy Barends Umumkan Positif Covid-19

Ketika membuka akun Instagram Ibel, Baskara mendapati Ibel membuat Instagram Story pada 30 Juni 2021.

Di unggahan itu, Ibel mengeluh karena sulit bernapas dan untuk mengambil makanan di depan indekosnya pun tidak kuat.

"Story setelahnya adalah alamat kos-kosan, semacam minta tolong untuk dijemput jika ada yang baca dan bisa jemput," tulis Baskara.

Baca juga: Sepanjang Juni 2021, Empat Artis Tanah Air Berpulang Akibat Covid-19

Pria kelahiran Februari 1994 itu berujar, Ibel bukan orang terkenal dan teman-temannya tidak sebanyak orang lain yang aktif di media sosial.

"Post terakhir beliau enggak dipenuhi dengan kalimat 'We love you, Bel', 'Rest in peace', dan lain-lain. Enggak ada comment turut berduka cita di post terakhir Ibel. He died alone," tulis Baskara.

Musisi itu yakin banyak orang yang senasib dengan Ibel, menderita akibat Covid-19 dalam kesendirian.

Baca juga: Deretan Artis yang Positif Covid-19 Sepanjang Juni 2021

"Gue yakin pasti saat ini banyak orang yang kita gak kenal dan gak tau namanya sedang berjuang melawan COVID dengan gejala parah sendirian, jauh dari keluarga, jauh dari teman-teman, dan gak punya akses kesehatan," tulis Baskara Putra.

Pria kelahiran 22 Februari 1994 itu menambahkan selama sepekan ini dia mendapat kabar duka, orang-orang yang dikenalnya meninggal karena Covid-19.

"Banyak yang puya akses, cuma tetep ga ketolong karena fasilitas dan tenaga kesehatannya udah mau collapse," lanjut pria bernama lahir Daniel Baskara Putra itu.

Baca juga: Pasangan Crazy Rich Malang Positif Covid-19, Gilang Juragan 99 Harus Rawat Inap

Karena itu penyanyi yang juga dikenal dengan nama panggung Hindia itu mengingatkan untuk tidak lalai pada kondisi pandemi yang sangat buruk di Indonesia.

"Lagi-lagi, mungkin ini saat yang baik untuk kita duluan jadi orang yang ingetin jika ada temen-temen yang meremehkan pandemi dan keluar rumah bukan karena kerjaan/hal urgent," kata Baskara Putra.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Baskara Putra / Hindia (@wordfangs)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com