Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Ajukan Asesmen untuk Rehabilitasi Anji

Kompas.com - 15/06/2021, 14:30 WIB
Cynthia Lova,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Keluarga musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji telah mengajukan asesmen terkait penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

“Dari keluarga yang bersangkutan juga sudah mengajukan untuk yang bersangkutan bisa diasesmen,” ujar Kasatnarkoba Polres Metro Jakarta Barat

AKBP Ronaldo Maradona Siregar di Polres Jakarta Barat, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Polisi Sebut Anji Beli Ganja Via Medsos

Ronaldo mengatakan, asesmen yang diajukan sebagai pertimbangan rehabilitasi Anji.

Ronaldo menjelaskan, sudah seharusnya setiap pengguna narkotika wajib direhabilitasi. Oleh karena itu tak hanya keluarga, penyidik juga dapat mengajukan asesmen.

“Jadi asesmen itu untuk diperiksa sebetulnya. Di situ ada tim asesmen terpadu di BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) atau di BNN pusat. Tugas dari tim ini adalah melakukan proses pendalamam, penelitian terhadap yang bersangkutan terkait apakah memang murni pengguna atau yang bersangkutan terlibat ke Pengedar. Termasuk kondisi kesehatan, psikis dan seterusnya,” kata Ronaldo.

Baca juga: Selain Anji, Ini 5 Artis yang Ditangkap Polisi karena Ganja

Jika hasil asesmennya telah keluar, maka pihak BNNP atau BNN pusat bisa merekomendasikan Anji untuk direhabilitasi.

“Tim tersebut (Tim terpadu BNN atau BNNP) yang kemudian akan mengeluarkan sebuah surat rekomendasi pada penyidik (untuk rehabilitasi),” ucap Ronaldo.

“Jadi dalam penanganan-penanganan perkara yang kami tangani di sini, setiap penyalahgunaan pasti akan diassesmen. Hasilnya apa itu nanti dari tim assesment terpadu. Hasilnya akan diberikan pada kami baru nanti itu akan kami tindaklanjuti. Ini jufa berlaku pada public figure lain yang diproses,” tuturnya.

Baca juga: Anji Mengaku Pakai Ganja Sejak September 2020

Sebelumnya, Anji ditangkap di studio musiknya sendirian di kawasan Cibubur, Jakarta Timur pada Jumat (11/6/2021). Dari hasil penangkapan ditemukan barang bukti ganja.

Kemudian, hasil pengembangan dan pemeriksaan, tes urine Anji dinyatakan positif ganja. Pihak kepolisian juga menemukan barang bukti ganja lainnya yang disimpan Anji di kawasan Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com