Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Bantah Laporan BBC Soal Nama Lilibet Tak Izin Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 10/06/2021, 18:04 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Hanya hitungan hari setelah lahirnya anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle, nama Lilibet yang diambil dari nama Ratu Elizabeth II menjadi perbincangan.

Menurut BBC, nama panggilan Lilibet diciptakan ketika Ratu masih balita dan tidak dapat mengucapkan namanya dengan benar.

Beberapa komentator kerajaan mengatakan langkah Harry menamai putrinya dengan Lilibet setelah wawancara dengan Oprah Winfrey yang kabarnya membuat Ratu kecewa merupakan langkah yang tidak tepat.

Baca juga: Pakai Nama Lilibet, Pangeran Harry Dianggap Tak Sopan

BBC mengutip sumber istana yang tidak disebutkan namanya, mengatakan pasangan Harry dan Meghan tidak meminta izin dari Elizabeth sebelum mereka memilih nama itu.

Namun pasangan itu mengatakan, ratu adalah anggota keluarga pertama yang mereka hubungi.

"Selama percakapan itu, dia (Harry) berbagi harapan mereka untuk menamai putri mereka Lilibet untuk menghormatinya," kata juru bicara mereka.

Harry dan Meghan dengan tegas membantah klaim BBC itu. Dan pengacara Duke dan Duchess kini telah mengirim surat ke beberapa organisasi media, mengatakan artikel BBC itu "palsu dan memfitnah" dan tuduhan itu tidak boleh diulang.

Baca juga: Anak Pangeran Harry dan Meghan Tidak Akan Mendapat Gelar Putri

BBC tidak segera menanggapi surat itu. Sementara Istana Buckingham mengatakan tidak ada komentar terkait hal ini.

Di depan umum, sang ratu telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, dia senang dengan kelahiran itu, seperti halnya Pangeran William, dan istrinya Catherine, terlepas dari kabar yang menyebut hubungan mereka memburuk.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, ayah Harry, Pangeran Charles, pewaris takhta, mengatakan kelahiran itu adalah "berita bahagia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com