Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Ayunda Lulus S2 di Stanford University, Bikin Muda-Mudi Indonesia Heboh

Kompas.com - 10/06/2021, 11:13 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda telah menyelesaikan pendidikan S2 dari Stanford University, Amerika Serikat.

Rabu (9/6/2021) merupakan hari bahagia bagi Maudy Ayunda karena di hari itu ia telah menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswi S2 dari universitas terbaik di dunia itu.

Baca juga: Lulus S2, Sepanjang Ini Gelar Maudy Ayunda Sekarang

Sebelumnya, Maudy menyabet gelar sarjana dari Oxford University jurusan Filosofi, Politik, dan Ekonomi (PPE) tahun 2016.

Dua tahun menjalani status sebagai mahasiswi S2, Maudy mengungkapkan rasa bahagia menyelesaikan kuliah di tengah pandemi Covid-19.

Kabar kelulusan itu spontan membuat heboh sekaligus kagum muda-mudi Indonesia. Pasalnya, terasa baru kemarin dia kebingungan memilih Harvard atau Stanford.

Cerita pengalaman

Maudy menyelesaikan pendidikan magister di dua jurusan, Administrasi Bisnis dan Bidang Pendidikan.

Baca juga: Maudy Ayunda dan Kebaya Didiet Maulana di Hari Wisuda

Ia menuliskan dalam keterangan unggahannya bahwa dia banyak mempelajari sesuatu dari pengalaman dan tantangan gak terduga selama dua tahun menjadi mahasiswi.

Ikut terdampak pandemi Covid-19, mau tidak mau pembelajaran dilakukan melalui daring dan masker menjadi bagian dari keseharian.

"Tapi di satu sisi, rasa keberadaan saya ditingkatkan. Saya didorong untuk melepaskan kendali, refleksi, dan prioritas. Saya harus memutuskan dengan cepat dan tanpa penyesalan tentang apa yang benar-benar penting bagi saya," tulis Maudy Ayunda, dikutip dari akun Instagram-nya, Rabu (9/6/2021).

Terlepas dari tantangan yang tak terduga, Maudy merasa tetap bersyukur dengan pengalaman kuliahnya.

Baca juga:

"Saya bersyukur untuk setiap bagiannya. Sebuah privilige yang luar biasa untuk berjalan di tembok ini. Berharap saya bisa membayarnya ke depan," tulis Maudy.

Muda-mudi Indonesia heboh

Ketika diterima di Stanford University dua tahun lalu, Maudy juga menjadi perbincangan muda-mudi Indonesia karena ia sebetulnya juga diterima di Harvard University.

Kala itu, Maudy bingung harus memilih kuliah di Hardvard atau Standford. Keduanya merupakan universitas terbaik di dunia.

Terasa baru kemarin Maudy kebingungan memilih kedua universitas itu, kini ia telah lulus dan membuat muda-mudi Indonesia heboh sekaligus merasa bangga.

"Kenapa kalau Maudy Ayunda kuliah rasanya sat set sat set beres wisuda kek gampang banget enggak sih, perasaan baru kemarin bingung pilih univ kok sekarang udah wisuda, lah aku masih gini-gini aja," tulis @balckpapper_.

"Maudy Ayunda udah wisuda. Pas dia jadi maba gue udah tahun ke empat kuliah. Sekarang masih ngemis acc aja dari dosen," tulis @baekbaekloe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com