Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

88rising Gelar Asia Rising Together, Konser Amal Dukung AAPI Heritage Month

Kompas.com - 19/05/2021, 11:45 WIB
Revi C. Rantung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Label musik 88rising akan menggelar konser Asia Rising Together.

Konser amal tersebut dilangsungkan bertepatan dengan peringatan Asian American and Pacific Islander Heritage Month (AAPIHM) atau Bulan Warisan Penduduk Amerika Asia dan Kepulauan Pasifik.

Konser ini dapat disaksikan melalui platform yang dimiliki 88rising, mulai dari Facebook, YouTube, Twitter dan channel SiriusXM pada tanggal 27 Mei mendatang pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Dari Niki Zefanya Hingga Joey Alexander Pernah Masuk 30 Under 30 Forbes Asia, Apa Itu?

Sebelumnya 88rising telah menggelar konser Asia Rising Forever pada bulan ini dan berhasil menjaring 8,5 juta penonton. Konser itu juga menjadi trending nomor satu di YouTube dan Twitter.

Sementara itu, konser amal yang akan digelar pada 27 Mei 2021 mendatang, para penonton bakal diajak untuk bergabung dalam pengalaman budaya yang sangat berkesan untuk merayakan komunitas Asia sekaligus menggalang dana serta meningkatkan kesadaran warga global lainnya.

Penyanyi asal Indonesia NIKI, dijadwalkan sebagai salah satu penampil.

Baca juga: Warpaint Milik Niki Zefanya Jadi Soundtrack Film Raya and The Last Dragon

Artis musik lain yang terlibat seperti Atarashii Gakko!, Audrey Mika, Audrey Nuna, Bizzy, Guapdad 4000, eaJ (of Day6), KOAD, Luna Li, mxmtoon,Seori, Tiger JK, yoonmirae dengan menampilkan bintang tamu RZA, Dumbfoundead, Ocean Vuong, dan juga menjadi sebuah ajang khusus pengenalan bagi CL.

Nantinya penonton juga akan menyaksikan serangkaian pertunjukan yang saling terkait, diselingi dengan pembacaan puisi, meditasi dan berbagai kejutan.

“Konser ini merupakan acara livestream yang unik, di mana berfokus pada keluarga dan budaya,” ucap Audrey Mika dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Pandemonium - NIKI

“Aku memfilmkan bagianku bersama dengan ibu dan adikku, dapat memperlihatkan keluarga Jepang-ku dalam acara ini, menjadi bagian paling spesial untukku. Aku berharap, hal ini bisa menginspirasi banyak orang, jika kita mampu mengejar mimpi, menjadi diri kita sendiri, dan bangga akan proses yang sedang kita jalani,” tambah Audrey Mika.

Pertunjukkan musik ini juga akan berfokus pada cerita dan identitas dari para artis 88rising melalui berbagai program sekaligus menyoroti bisnis dan organisasi AAPI ke seluruh industri.

Sean Kusanagi selaku pengarah kreatif dari Foreign Family Collective ODESZA ditunjuk untuk membesut konser ini.

Kusanagi diharapkan mampu menyampaikan pesan yang kuat, kisah pribadi dari keluarga para penyanyi 88rising bagi generasi selanjutnya, yang disampaikan dalam bentuk musik dan seni.

“88rising berkomitmen menggunakan musik dan platform kami dalam menyuarakan AAPI, guna meningkatkan kesadaran akan masalah yang memengaruhi komunitas AAPI kami, dan untuk mengecam kebencian anti-Asia,” ungkap Sean Miyashiro, CEO sekaligus Pendiri 88rising.

“Kami bangga karena dapat menyelenggarakan konser amal ini dengan inisiatif lainnya dari pihak kami yang juga berfokus kepada AAPI sehingga setiap orang dapat membantu menciptakan dunia menjadi tempat yang lebih damai,” tambahnya.

88rising juga turut berterima kasih kepada Netflix dan AT&T atas dukungan yang telah diberikan.

Donasi dari program ini akan digunakan untuk mendukung Asian Mental Health Collective, yang menciptakan komunitas suportif dan empati.

Bekerja sama dengan profesional dan organisasi kesehatan mental, program ini juga untuk memperingati kisah kesehatan mental masyarakat Asia.

Program ini juga akan menggandeng organisasi Asia Amerika lainnya, seperti Pusat Komunitas Amerika Vietnam di East Bay dan MAMA Los Angeles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com