Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Tragis 5 Grup Kpop, Belum Lama Muncul Sudah Bubar akibat Covid-19

Kompas.com - 23/04/2021, 09:01 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Allkpop

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya sebuah grup akan menandatangani kontrak dengan perusahaan mereka dan akan tetap bersama hingga masa kontrak selesai.

Namun, akibat pandemi Covid-19 yang memengaruhi hampir semua sektor, termasuk industri Kpop, beberapa grup yang belum lama menjalani debut ini harus dibubarkan lebih cepat. Siapa mereka?

Hinapia

Terdiri dari empat orang mantan anggota girlband Pristin, grup ini menjalani debut tanggal 3 November 2019 dengan album singel pertama New Start dan lagu "Drip".

Sempat dinominasikan dengan Best Super Rookie di K-Champ Awards 2019, grup ini akhirnya bubar pada 21 Agustus 2020 karena permasalahan keuangan perusahaan akibat pandemi Covid-19.

Moonlight Girls

Di bawah NDS Entertainment, grup yang terdiri dari enam anggota ini mempromosikan lagu debut mereka "Go Go Up" selama festival di tahun 2019, tetapi mereka tidak pernah sampai menjalani debut.

Mereka seharusnya melakukan debut Juni 2020, tetapi karena Covid-19, mereka tidak pernah mendapat kesempatan itu dan bubar 18 Agustus 2020.

Becz

Boy grup di bawah H&H entertainment ini menjalani debut tanggal 13 Maret 2020, dengan singel digital "Into U".

Namun, karena perusahaan terdampak pandemi Covid-19, grup ini bubar enam bulan kemudian.

ANS

Debut pada 16 September 2019 dengan merilis singel pertama "Boom Boom", girl grup beranggotakan delapan orang wanita ini kemudian merilis singel kedua "Say My Name" di awal Januari 2020.

Sayangnya, 21 Agustus 2020, grup ini bubar karena beberapa alasan.

Dari soal bullying di dalam grup hingga membuat salah satu mantan anggotanya hampir melakukan upaya bunuh diri, hingga kesulitan keuangan yang dialami perusahaan akibat pandemi Covid-19, di mana perusahaan juga telah merumahkan sejumlah karyawannya, termasuk manajer mereka.

Trei

Grup beranggotakan tiga pria di bawah Banana Culture entertainment ini melakukan debut tanggal 9 Februari 2019 dengan lagu "Gravity".

Sayangnya, mereka tidak bisa merilis musik bersama lagi karena bubar 19 Juni 2020. Di mana sepertinya masing-masing anggota sepakat untuk meninggalkan perusahaan dan grup, dan perusahaan juga mengizinkannya karena kemampuan mereka yang memburuk untuk mengatur grup akibat pandemi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com