Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manohara Odelia Tanggapi Permintaan Maaf Lucinta Luna soal Eksploitasi Lumba-lumba

Kompas.com - 18/04/2021, 16:25 WIB
Firda Janati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Manohara Odelina menanggapi permintaan maaf Lucinta Luna yang diduga mengesploitasi lumba-lumba.

Manohara mempertanyakan poin-poin penjelasan dalam surat permintaan maaf Lucinta Luna.

"Edukasi sering dipakai sebagai alasan tempat-tempat yang mengeksploitasi hewan liar seperti lumba-lumba, edukasi seperti apa yang mereka berikan?" ujar Manohara Odelia, di akun Instagram-nya, dikutip Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Dianggap Eksploitasi Lumba-Lumba, Lucinta Luna Dikecam Davina Hingga Susi Pudjiastuti

Manohara juga menyinggung aksi memberi makan lumba-lumba jika hewan tersebut mencium pipi pengunjung.

Manohara mengatakan mencium manusia untuk mendapatkan makan tidak dilakukan lumba-lumba di alam bebas.

"That's not what they do in the wild," kata Manohara.

Baca juga: Tanggapan BKSDA soal Video Lucinta Luna Ditarik Lumba-Lumba

Menurut Manohara, kegiatan tersebut tidak bisa disebut dengan edukasi meski banyak diikuti orangtua yang bertujuan mendidik anak mereka tentang hewan.

"Edukasi yang diterima anak-anak dari tempat seperti itu hanyalah tidak apa-apa untuk mengeksploitasi satwa untuk mendapatkan uang," tutur Manohara dalam bahasa Inggris.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manohara Odelia (@manodelia)

Dalam surat permintaan maafnya, Lucinta mengaku mendapat informasi dari pengelola bahwa tempat itu sudah mendapat izin dari BKSDA setempat.

"Ini juga menjadi sebuah pertanyaan saya. Karena sepengetahuan saya tempat itu sudah sudah disuruh hentikan operasionalnya oleh BKSDA April 2020. Tepat satu tahun," kata Manohara.

Dia menyertakan sebuah foto yang menunjukkan sebuah spanduk bertuliskan "Kegiatan Peragaan Dihentikan dan Dilarang Beroperasi" di sebuah tempat.

"Saya jujur bingung kenapa mereka bisa beroperasional kembali sampai sekarang belum ada kabarnya, aku bakal update lagi ke kalian kalau ada kabar terbaru," ujar Manohara.

Manohara menggarisbawahi penjelasan Lucinta Luna soal kegiatan mulai dari belajar tentang lumba-lumba, memberi makan, informasi jenis kelamin dan sebagainya.

"Sekali lagi, ini bukan belajar, bukan edukasi. Kalau ingin tahu jenis kelaminnya tidak harus ke tempat ekspoitasi hewan ya. Cukup baca buku saja atau searching di Google," kata Manohara.

"Kita belajar di sekolah tentang dinosaurus, apa kita harus berinteraksi langsung dengan dinosaurus? Tentu aja enggak kan, kita bisa belajar hewan tersebut bukan berarti menangkap dan ngandanginnya dan berinteraksi langsung," ujar Manohara menambahkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com