Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Jelaskan Asal Usul Nama Galang Rambu Anarki

Kompas.com - 25/03/2021, 19:26 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi legendaris Iwan Fals mengakui banyak pihak yang menanyakan asal usul nama anak sulungnya, Galang Rambu Anarki.

Lewat kanal YouTube Iwan Fals Musica, sang pelantun “Bongkar” itu menjelaskan secara gamblang dari mana nama itu berasal.

“Kenapa namanya Galang Rambu Anarki, itu memang saat itu saya terinspirasi oleh Pulau Galang. Penampung manusia perahu dari Vietnam,” kata Iwan Fals dikutip Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Iwan Fals Ungkap Penyebab Kematian Galang Rambu Anarki

Ia menjelaskan, manusia perahu itu adalah orang-orang dari Vietnam yang menolak ikut dengan komunis.

"Nah ini orang vietman yang kalah perang dia enggak mau, kabur, sampai tahun 90an. Pulau galang penampung orang-orang yang enggak ingin sama Vietkong, ingin mendapat harapan baru, kemungkinan baru,” ucapnya.

Iwan Fals pun berharap makna nama yang disematkan untuk anaknya menjadi doa.

Baca juga: Iwan Fals Bongkar Dua Keinginan Galang Rambu Anarki Sebelum Meninggal

“Saya berharap Galang seperti itu, dia menampung segala keluh kesah, mimpi-mimpi manusia, tentang masa depannya, niat baiknya. Lalu menggalang, saya berharap seperti orang tua,” tutur Iwan Fals.

Selanjutnya, nama Rambu memiliki arti tersendiri bagi Iwan Fals.

“Lalu rambu, enggak mungkin kita hidup tanpa petunjuk kan. Paling enggak secara naluri butuh kabar, kalu enggak tersesat hidup kita,” ucap Iwan Fals. 

Baca juga: Dilema Besar Iwan Fals dalam Lagu Galang Rambu Anarki

“Makanya ada aturan baik yang masuk akal. Manusia enggak sama semua, saya harap Galang mau memberikan keterangan baik kepada lingkungan dan teman-temannya,” imbuhnya.

Terakhir Anarki, yang menurut Iwan Fals merupakan sebuah faham.

“Lalu Anarki, anarki kan faham, tapi saya kecewa mendengar anarki yang disalahartikan, seolah perusuh, perusak. Padahal menurut saya perusak itu fandalisme,” ungkap Iwan Fals.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com