Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sahabat Soe Hok Gie, Herman Lantang Meninggal Dunia, Lukman Sardi Berduka

Kompas.com - 23/03/2021, 18:30 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Herman Lantang, sosok yang semakin dikenal melalui film Soe Hok Gie, dikabarkan meninggal dunia, Senin (22/3/2021).

Lukman Sardi yang pernah memerankan karakter Herman Lantang di film Soe Hok Gie, tidak bisa menutupi rasa sedihnya kehilangan sosok yang sangat menginspirasi.

"Sejarah hidup gue enggak terlepas dari sosok ini.. di saat waktu itu gue kembali ke dunia film gue langsung dipercaya memerankan sosok Bang Herman di film Gie," tulis Lukman di akun @lukmansrd, dikutip Selasa (23/3/2021).

Baginya, Herman Lantang adalah sosok ayah, suami yang sangat mencintai keluarganya dan juga orang yang sangat mencintai alam dan bumi Indonesia.

Dalam unggahan lain, Lukman menunjukkan foto ketika dia memerankan karakter Lukman, bersama Nicholas Saputra yang memerankan karakter Soe Hok Gie di film Gie.

"Ini disaat proses shooting film GIE.. dimana bang Herman selalu ikut dalam setiap prosesnya," tulis Lukman.

"Sehingga gue dan Nico semakin memahami sosok Soe Hok Gie sahabat tercintanya, dan gue semakin mengenal sosok Bang Herman Lantang..RIP Herman Lantang," lanjut Lukman Sardi.

Herman Lantang merupakan sahabat Gie sekaligus saksi hidup yang melihat Gie menjemput ajal di Semeru.

Dia juga merupakan salah satu pendiri organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) di tahun 1964.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lukman Sardi (@lukmansrd)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com