Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tatjana Saphira Langsung Diajari Umpatan oleh Bayu Skak untuk Film Lara Ati

Kompas.com - 05/03/2021, 20:26 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Tatjana Saphira mengaku sangat kaget karena harus mempelajari kata umpatan dalam Bahasa Jawa sebagai pelajaran pertamanya ketika membaca naskah skenario film Lara Ati.

"Karena memang kebetulan di draft-draft skrip sebelumnya kata yang diucapkan karakter aku ya kata umpatan, yaitu 'Jancuk!'," kata Tatjana.

Awalnya ia mengaku kebingungan karena kata tersebut kurang familiar baginya.

Namun, setelah berbicara dengan Bayu Skak yang bertindak sebagai sutradara, Tatjana akhirnya mengerti bahwa kata tersebut bisa bermakna luas tergantung dengan konteks dan penggunaannya.

Baca juga: Demi Film Lara Ati, Tatjana Saphira Belajar Bahasa Jawa

"Terus akhirnya tahu ternyata itu tergantung konteks dan ke siapa kita ngucapnya. Yang penting kita enggak ngomong ke orang yang lebih tua dari kita, intinya enggak ke setting formal lah," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/3/2021).

Belajar Bahasa Jawa merupakan tantangan tersendiri bagi Tatjana Saphira selama mempersiapkan film Lara Ati.

Dengan kondisi minimnya orang berbahasa Jawa di lingkungannya, mantan kekasih Herjunot Ali ini akhirnya banyak mendengarkan podcast Bahasa Jawa.

"Aku jadi sering dengerin podcast rekomendasi dari Bayu. Aku juga nontonin film-film Bayu sebelumnya, Yowis Ben 1 dan 2," ucap Tatjana.

Baca juga: Tatjana Saphira Pilih Beragam Genre Film untuk Kembangkan Bakat Akting

Film Lara Ati sendiri masih akan mengusung Bahasa Jawa sebagai bahasa utama di dalam filmnya.

Film ini akan menjadi debut Bayu Skak sebagai sutradara solo karena sebelumnya ia dibantu Fajar Nugros saat menyelesaikan Yowis Ben 1 dan 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com