Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Tahun Covid-19 di Indonesia, Adaptasi Dunia Hiburan demi Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 02/03/2021, 11:15 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa terasa, pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama satu tahun di Indonesia.

Sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu korban paling terdampak pandemi Covid-19.

Industri hiburan kelimpungan menghadapi pandemi karena pada dasarnya industri ini sangat erat kaitannya dengan keramaian.

Dengan adanya larangan membuat keramaian, maka industri hiburan pun sempat mengalami masa mati suri.

1. Live Instagram

Fitur live di Instagram menjadi salah satu medium bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya di masa pandemi Covid-19.

Acara bincang-bincang para pekerja seni ini lumayan mengobati kerinduan beraktivitas secara normal sebelum virus corona menyerang.

Tren ini tak berlangsung lama karena para pekerja seni akhirnya menemukan medium lain untuk tetap berkarya.

2. Konser online hingga drive-in

Pengunjung menyaksikan Danamon New Live Experience, Drive-In Concert  di Jakarta di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Kahitna tampil dalam hari pertama acara Drive-In Concert perdana di Jakarta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan Danamon New Live Experience, Drive-In Concert di Jakarta di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Kahitna tampil dalam hari pertama acara Drive-In Concert perdana di Jakarta.
Selama pandemi, pemerintah melarang acara-acara yang bersifat pengumpulan massa atau mengundang kerumunan. Itu berarti konser musik jelas terlarang.

Oleh sebab itu, konser pun digelar secara virtual atau online demi mengobati kerinduan para penggemar terhadap idolanya atau sebaliknya.

Padah akhir Agustus, pemerintah akhirnya mengeluarkan protokol kesehatan untuk para pelaku industri musik yang disambut oleh Berlian Entertainment untuk menghelat Drive-In Concert pertama di Indonesia.

Acara yang berlangsung di JI-Expo, Kemayoran, ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh ratusan mobil yang terparkir rapi.

Armand Maulana, Afgansyah Reza, dan Kahitna tampil di atas panggung menghibur para penonton dengan sebuah suguhan konsep konser baru yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Sayangnya, secara bisnis Drive-In Concert tak meraup keuntungan banyak sehingga para promotor enggan menggelar konser serupa.

Selain itu, pihak kepolisian juga semakin memperketat perizinan untuk acara dan menyulitkan para promotor menggelar konser.

"Nah, seharusnya di bulan Desember 2020 ada juga konser drive-in dari Tulus, Noah, Rizky Febian. Cuma di saat-saat terakhir dibatalin karena tidak keluar perizinannya," kata Wendi Putranto, salah satu pengamat musik Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com