Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JYP Entertainment Tepis Tuduhan Lia ITZY Melakukan Bullying dan Tuntut Penyebar Informasi

Kompas.com - 25/02/2021, 15:15 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agensi JYP Entertainment merilis pernyataan resmi yang menyangkal tuduhan tentang Lia ITZY sebagai pelaku bullying di sekolah.

JYP menggugat pelaku penyebar informasi tersebut yang tahun lalu menyebarkan informasi simpang siur itu melalui dunia maya.

"Ini adalah kasus yang mana kami menggugat penulis unggahan tahun lalu karena pencemaran nama baik dengan menyebarkan rumor palsu," tutur JYP Entertainment dalam pernyataan resminya, dikutip dari Soompi, Kamis (25/2/2021).

Menurut JYP, penyelidikan kasus ini sedang berlangsung dan mereka sedang menunggu hasilnya sesuai dengan prosedur hukum formal.

Baca juga: Kedekatan Kakak Beradik Lee Chae Yeon IZ*ONE dan Lee Chae Ryeong ITZY

"Masalah ini sepenuhnya salah dan kami menyampaikan rencana kami untuk mengajukan tuntutan lebih lanjut terkait masalah ini," kata JYP Entertainment.

Ke depannya, JYP berujar akan mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap segala tindakan yang mencemarkan nama baik artis mereka.

"Yang menyebabkan gangguan pada promosi mereka melalui hal-hal seperti komentar jahat dan menyebarkan rumor palsu," tegas mereka.

Pada 24 Februari, ada sebuah unggahan di forum online dari seseorang yang mengaku sebagai korban kekerasan, yang dilakukan oleh "idola wanita kelahiran tahun 2000 dan memiliki bahu lurus" di sekolah menengah pertama.

Baca juga: Ketika Lee Chae Yeon IZ*ONE dan Lee Chae Ryeong ITZY Saling Ungkap Sifat Masing-masing

Si penulis alias A menyatakan pelaku telah meminjam uang dari teman sekelasnya (B) dan tidak mengembalikan uang tersebut setelahnya.

Mengenai teman lain yang satu kelas dengan pelaku atau C, A menulis bahwa pelaku menjadikan dia orang buangan dan membuatnya putus dengan pacarnya.

A menjelaskan, ketika dia bertanya kepada pelaku mengapa dia tidak mengembalikan uang B dan menjadikan C orang buangan, lalu pelaku dan teman-temannya mengumpat padanya.

Lebih lanjut, kata A, pelaku dan teman-temannya terus datang ke kelasnya untuk mengutuknya dan membuat unggahan di media sosial tentang A yang menuduhnya salah, menciptakan rumor tentang A.

Baca juga: Kerja di Industri yang Sama, Kakak Beradik Chae Yeon IZ*ONE dan Chae Ryeong ITZY Akui Jarang Bertemu

Menurut A, pada bulan April 2018, dia telah mendengar bahwa pelaku akan memulai debutnya di bawah agensi besar segera dan ketika dia menulis unggahan tuduhan di komunitas online pada saat itu, dia dituntut karena pencemaran nama baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com