Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Anak Indonesia Kembali Digaungkan Lewat Bintang Kecil

Kompas.com - 06/02/2021, 20:41 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Kini, banyak anak-anak yang lebih mengenal lagu-lagu dewasa dengan tema percintaan. Kondisi inilah yang membuat lagu anak-anak semakin minim.

Berangkat dari permasalahan tersebut, pendiri aplikasi Bintang Kecil, Melia Lustojoputra, ingin menyemarakan kembali lagu yang memang khusus untuk anak-anak.

Baca juga: Lirik Lagu Matahari, Lagu Anak-anak Ciptaan Mira Julia

“Anak-anak adalah generasi calon pemimpin bangsa di masa depan. Pembentukan karakter mereka pun dimulai di saat ini melalui berbagai media seperti lagu, seni, dan buda,” kata Melia, Sabtu (6/2/2021).

Kondisi tersebut mendorong Melia dan rekannya, CMO Wenny Sipota Adipati Paputungan, berupaya menyajikan konten menarik bagi anak-anak melalui aplikasi Bintang Kecil.

Menurut Melia, aplikasi tersebut nantinya akan mengenalkan lagu anak-anak yang indah, positif, dan memberi pesan moral sebagai bekal mereka hinngga dewasa.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Anak, Kelinciku Ciptaan Pak Dal

“Melalui aplikasi ini, diharapkan bisa sekaligus menjadi wadah bagi pencipta lagu anak untuk menyalurkan bakat dan mempublikasikan karyanya," ujar Melia.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau karib disapa Kak Seto menambahkan, rencana peluncuran aplikasi tersebut memiliki tujuan mulia.

Hal itu sejalan dengan keprihatinannya melihat anak-anak lebih mengenal dan menyanyikan lagu orang dewasa.

Baca juga: Lagu-lagu Anak Karya Mamo Agil Dinyanyikan Ulang Cucunya

“Temanya belum sesuai dengan usia anak-anak, seperti tentang patah hati, perselingkuhan, jatuh cinta, kemudian berjoget dengan gaya yang kurang pantas untuk usia mereka," ujar Kak Seto.

Kak Seto berharap, melalui aplikasi Bintang Kecil yang memiliki koleksi hampir 600 lagu anak-anak, bisa memudahkan anak-anak mengetahui lagu-lagu tentang karakter anak di Indonesia.

"Jadi tidak ada lagi perkataan, aduh sulit mencari lagu anak-anak Indonesia yang asyik dan up to date'," ujar Kak Seto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com