Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Corona, Nominasi Golden Globe Awards 2021 Didominasi Netflix

Kompas.com - 04/02/2021, 08:32 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Deadline

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah nominasi Golden Globe Awards 2021 resmi diumumkan, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, nominasi Golden Globes tahun ini kembali banyak didominasi oleh Netflix.

Tahun ini Netflix mendapatkan 42 nominasi yang mengejutkan di seluruh film dan TV, lebih dari setengah total gabungan semua distributor lainnya sebanyak 83.

Netflix adalah distributor film yang paling banyak dinominasikan dengan 22 nominasi, dipimpin oleh Mank dan The Trial of the Chicago 7, dan distributor TV yang paling banyak dinominasikan dengan 20 nominasi, diikuti oleh The Crown dan Ozark.

Baca juga: Golden Globes 2021 Digelar 28 Februari, Dipandu Tina Fey dan Amy Poehler

Penonton streaming meledak selama pandemi corona terjadi karena orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah.

Ditambah lagi bioskop-bioskop ditutup karena pandemi Covid-19, platform SVOD atau Subscribtion Video on Demand menjadi satu-satunya jalan untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

Sehingga membuat alokasi distribusi film untuk bioskop dialihkan untuk dijual ke layanan streaming.

Sebagai tanda kekuatannya saat ini di pasar, Netflix mencetak nominasi film tiga kali lebih banyak daripada distributor nominasi kedua, sesama penyedia layanan streaming, Amazon.

Mank dari Netflix yang menampilkan Gary Oldman sebagai penulis skenario terkenal Herman Mankiewicz, adalah film yang paling banyak dinominasikan dengan enam nominasi.

Sementara The Trial Of The Chicago 7, disutradarai oleh Aaron Sorkin, adalah film kedua yang paling banyak dinominasikan dengan lima penghargaan.

Bahkan tanpa pandemi, layanan streaming telah mendominasi bidang TV di Golden Globes 2020 dengan total 30 nominasi di antaranya Netflix, Hulu, Amazon Prime Video, dan Apple TV +.

Pangsa mereka naik menjadi 34 nominasi tahun ini, diikuti oleh pendatang baru Golden Globe, yaitu HBO Max dan Disney +, yang mendapatkan nominasi pertama mereka masing-masing untuk The Flight Attendant dan The Mandalorian.

Meskipun mendominasi nominasi tahun lalu, Netflix berjuang untuk mengubah pengakuan film tersebut menjadi kemenangan di kategori utama. Itu cerita yang sama di Oscar.

Kisah serupa juga terjadi di sisi TV. Netflix belum mendapatkan penghargaan Emmy drama atau serial komedi, sesuatu yang telah dicapai oleh saingannya, Hulu dan Prime Video.

Tapi, Netflix memiliki daya tarik yang lebih baik di Golden Globes, memenangkan trofi serial drama untuk The Crown dan serial komedi satu untuk The Kominsky Method tetapi hanya tidak meraih trofi teratas tahun lalu.

Golden Globes 2021 akan disiarkan secara langsung di NBC pada Minggu, 28 Februari 2021 pukul 17.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Deadline
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com