Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Ungkap Lagu Bung Hatta Lahir dari Rasa Haru

Kompas.com - 02/02/2021, 12:22 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi legendaris Iwan Fals mengaku tidak mengetahui biografi Mohammad Hatta secara lengkap ketika membuat lagu "Bung Hatta".

"Saya waktu bikin lagu itu (Bung Hatta) sama sekali enggak tahu biografi Bung Hatta," kata Iwan Fals seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Iwan Fals Musica, Selasa (2/2/2021).

Iwan Fals berujar, pengetahuannya tentang Mohammad Hatta pada saat itu berbekal dari pendidikan di sekolah saja. 

Baca juga: Komentar Iwan Fals soal Video Mesum Viral di Halte Senen

Pemilik nama lahir Virgiawan Listanto tersebut mengatakan, ia hanya mengetahui Mohammad Hatta sebagai seorang salah satu proklamator Indonesia yang sangat dicintai rakyatnya.

"Tapi sejarah perjalanan politik sampai Indonesia merdeka saya enggak begitu mengikuti. Saya hanya anak-anak yang terharu melihat Bapak Proklamator kita meninggal," kata Iwan Fals.

Untuk diketahui, Mohammad Hatta meninggal dunia pada 14 Maret 1980 saat usianya sudah menginjak 77 tahun.

Baca juga: Ketika Iwan Fals Bicara Tentang Lagu Oemar Bakrie, Ternyata...

Iwan Fals mengaku terkejut mendengar kabar kepergian wakil presiden pertama Indonesia itu.

Tanpa pikir panjang, Iwan Fals setelah mendapatkan kabar dari salah satu stasiun televisi, langsung mengambil gitar dan membuat lagu untuk Mohammad Hatta dengan judul "Bung Hatta".

Baca juga: Si Tua Sais Pedati, Ungkapan Rindu Iwan Fals pada Kesederhanaan Hidup di Yogyakarta

"Jadi begitu saya mendengar kabar, itu saya habis magrib nonton televisi di rumah orangtua saya, ada kabar Bung Hatta meninggal. Aduh, ada sesuatu yang hilang 'wah, sudah enggak ada lagi Bapak Proklamator kita'. Lalu saya ambil gitar, membuat lagu 'Bung Hatta'," ujar Iwan Fals.

Sebagai informasi, lagu "Bung Hatta" menjadi salah satu singel yang masuk ke dalam album Sarjana Muda, yang merupakan album profesional pertama Iwan Fals yang dirilis pada September 1981.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com