Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sherina Munaf Bersuara, dari soal Kuda Pekerja hingga Perburuan Kucing

Kompas.com - 29/01/2021, 10:47 WIB
Cynthia Lova,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini aktris sekaligus penyanyi Sherina Munaf menyuarakan soal isu kesejahteraan hewan di Indonesia.

Bintang film Petualangan Sherina ini angkat bicara soal nasib kuda pekerja di Indonesia yang tidak mendapat kehidupan layak.

Setelah menyuarakan soal kuda, Sherina juga menyoroti kasus perburuan kucing yang masih terjadi di Medan beberapa waktu lalu.

Sherina meminta pihak-pihak yang terkait, mulai dari Pemerintah hingga aparat kepolisian untuk simpatik dan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dua permasalahan tersebut.

Berikut Kompas.com merangkum dua isu kesejahteraan hewan di Indonesia yang ikut disuarakan Sherina.

Baca juga: Perjalanan Cinta Sherina Munaf dan Baskara Mahendra hingga ke Pelaminan

1. Nasib kuda pekerja yang tak dapat hidup layak

Sherina prihatin terhadap kondisi kuda pekerja saat ini. Dia menilai banyak kuda yang dipekerjakan manusia tidak mendapatkan hidup yang layak.

Istri Baskara Mahendra ini mencontohkan, banyak kuda yang tidak menikmati makanan dan perawatan yang sesuai.

"Mereka tidak mendapatkan makanan yang cukup, perawatan yang mencukupi apalagi perawatan medis," ujar Sherina di akun Intagram @sherinassina dikutip Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

"Mereka seringkali dipaksa bekerja sampai mati karena kelelahan. Ditambah lagi keadaan pandemi semakin memperparah kondisi kesejahteraan para kuda-kuda ini," tulis Sherina lagi.

Menurut Sherina, hal ini harus segera dihentikan dan tidak boleh lagi mengabaikan kekejaman dan penderitaan yang dialami kuda pekerja.

Baca juga: Sherina Munaf Suarakan Nasib Kuda Pekerja di Indonesia yang Tak Dapat Hidup Layak

Sherina mencontohkan, banyak kuda yang tidak menikmati makanan dan perawatan yang sesuai.

"Mereka tidak mendapatkan makanan yang cukup, perawatan yang mencukupi apalagi perawatan medis. Mereka seringkali dipaksa bekerja sampai mati karena kelelahan. Ditambah lagi keadaan pandemi semakin memperparah kondisi kesejahteraan para kuda-kuda ini," kata Sherina.

Sherina meminta Pemerintah untuk melakukan upaya-upaya agar menghentikan kekejaman terhadap kuda pekerja.

Permintaan dalam unggahannya itu ditautkannya di Instagram Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kementerian Pertanian, Walikota Jakarta Selatan dan pihak lainnya.

"Terakhir, mari kita berharap bahwa kantor Pemerintah di kota lain yang punya wewenang untuk membuat perubahan akhirnya juga menyadari bahwa kekejaan dan siksaan terhadap kuda pekerja adalah hal yang tidak benar dan inilah saat untuk menghentikan semua PENDERITAAN YANG TIDAK PERLU TERJADI!" tulis Sherina.

Baca juga: Sherina Bakal Nyanyikan Lagu dan Isi Suara Film Earwig and The Witch

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com