Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseruan Perjalanan Menyusuri Tanah Gayo Lewat Film Filosofi Kopi Aroma Gayo

Kompas.com - 04/01/2021, 17:59 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses membintangi Filosofi Kopi dan Filosofi Kopi the Movie 2:Ben & Jody, Rio Dewanto akan hadir dalam film dokumenter berjudul Filosofi Kopi Aroma Gayo.

Film ini disutradarai oleh Rahung Nasution dan dibintangi aktor Rio Dewanto. Film dokumenter ini menceritakan Rio Dewanto yang menjelajahi Tanah Gayo yang terletak di Aceh.

Dengan dipilihnya Kopi Gayo sebagai ide cerita dalam film tersebut, Rahung pun kembali mengangkat nama mengenai kopi yang digadang-gadang sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.

Baca juga: 3 Fakta Film Filosofi Kopi: Aroma Gayo yang Tayang di Bioskop Online

"Karena kecintaan saya pada kopi mereka, itu membuat saya bertanya, seperti apa sih orang-orang yang membuat kopi terbaik di dunia ini?" ucap Rio Dewanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (4/1/2020).

Dalam film ini, suami Atiqah Hasiholan ini akan memulai perjalanannya ke Seladang Kopi, Bener Meriah. Di sana ia bertemu dengan Sadikin Gembel dan saling berbincang tentang kopi Gayo.

Dari sana, Rio Dewanto baru mengetahui bahwa ada empat hal yang menarik dari kopi Gayo, yaitu berkeadilan sosial, tidak bias gender, konservatif, dan humanis.

Baca juga: Film Filosofi Kopi: Aroma Gayo, Rahung Nasution: Kopi Gayo Menarik Sejak Zaman Kolonial

Pertemuannya dengan Sadikin Gembel membawa Rio menuju Danau Laut Tawar. Rio kaget karena di sana dia menemukan pemandangan yang memanjakan matanya dari keindahan alam di dataran tinggi Gayo.

Meski pemandangannya indah, sayangnya tak seindah nasib sebagian petani kopi Gayo. Salah satunya, petani bernama Aman Zakaria.

Rio kaget melihat hidupnya Aman belum berkecupan. Padahal kopi Gayo pernah memenuhi sekitar 80 persen pasokan kopi untuk salah satu coffee shop ternama di dunia.

Baca juga: Film Filosofi Kopi: Aroma Gayo, Ketika Rio Dewanto Mengenal Lebih Dalam soal Kopi Gayo

Dalam film ini, akan banyak hal yang nantinya dibahas Rio Dewanto di film dokumenter berdurasi 27 menit. Dengan menontonnya, masyarakat akan dapat informasi baru tentang kopi. Pasalnya, kopi adalah nafas dan juga jiwa bagi masyarakat Gayo.

Lantas, penasaran dengan keseruan perjalanan Rio Dewanto selama mengunjungu dataran tinggi Gayo? Yuk, bisa segera tonton film dokumenter Filosofi Kopi Aroma Gayo ini di www.bioskoponline.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com