Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parodikan Lagu Indonesia Raya, Lutfi Agizal Lapor Polisi dan Komentar Anang Hermansyah

Kompas.com - 29/12/2020, 09:24 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di YouTube sebuah video parodi lagu "Indonesia Raya" dengan liriknya diganti dengan kata yang dianggap tidak sopan.

Video itu tidak saja memuat lagu kebangsaan Indonesia yang telah diubah total liriknya, tetapi juga mengganti lambang negara burung Garuda dengan ayam jago berlambang Pancasila, dilatarbelakangi bendera Merah Putih.

Video yang diunggah oleh akun dengan logo bendera Malaysia itu diketahui telah beredar sejak dua minggu lalu.

Namun, berdasarkan penelusuran Kompas.com, video yang dimaksud sudah tidak ditemukan di kanal YouTube My Asean pada Senin (28/12/2020).

Baca juga: Diduga di Malaysia, Apakah Indonesia Bisa Menghukum Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya?

Permasalahan ini mendapat respons dari selebritas Lutfi Agizal dan Anang Hermansyah yang sama-sama tidak menerima parodi lagu tersebut.

Laporkan polisi

Lutfi melaporkan akun YouTube My Asean yang memparodikan lagu " Indonesia Raya" ciptaan Wage Rudolf Soepratman ke Polda Metro Jaya.

Melalui unggahan Instagram, Lutfi melaporkannya dengan sangkaan dugaan pencemaran nama baik melalui Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pria yang dikenal dengan Lutfi 'Anjay' itu menilai parodi lagu "Indonesia Raya" yang dilakukan kanal YouTube My Asean telah menghina Tanah Air.

Baca juga: Anang Hermansyah: Malaysia, Jangan Anggap Enteng Kasus Parodi Indonesia Raya

"Menggunakan hak lapor warga negara yang merasa tersakiti atas lagu 'Indonesia Raya' yang diparodikan," ujar Lutfi Agizal dalam unggahan Instagram-nya, dikutip Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Tidak terima

Sama seperti Lutfi, sebagai warga negara Indonesia musisi Anang Hermansyah tidak menerima atas perbuatan oknum tersebut.

Menurut Anang, parodi tersebut adalah persoalan besar karena telah merubah lirik dan mengganti simbol negara Indonesia.

"Terus terang, aku enggak terima! Semua rakyat Indonesia enggak akan suka, enggak akan ada yang mau terima kenyataan itu, pasti tidak terima," ucap Anang.

Baca juga: Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Anang Hermansyah: Aku Enggak Terima!

Peringati Malaysia

Dengan permasalahan ini, mantan anggota DPR RI itu meminta Malaysia tidak menganggap enteng kasus parodi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dilakukan kanal YouTube My Asean.

Menurut Anang, apabila Malaysia tidak segera menyelesaikan dan menemukan oknum di balik kanal YouTube tersebut, persahabatan kedua negara bisa rusak.

"Jangan dianggap enteng masalah ini dengan Malaysia, ini ketersinggungan," tegas Anang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com