BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola

Interviu Eksklusif Robert De Niro, Dino Patti Djalal Bakal Bahas Ini di Mola Living Live

Kompas.com - 16/12/2020, 14:04 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak kenal sosok Robert De Niro, seorang aktor, produser, dan sutradara yang telah meraih puluhan penghargaan dunia perfilman? Sepanjang kariernya sejak 1960-an hingga sekarang, De Niro masih bergelut dengan dunia seni peran.

Aktingnya yang brilian dalam film Godfather II (1974) membuat hampir semua pecinta film Hollywood mengenal sosok Robert De Niro.

Kepiawaiannya berperan sebagai Vito Corleone muda dalam film itu mengantarkan Robert De Niro meraih Piala Oscar pertama pada ajang Academy Awards 1975 sebagai Aktor Pemeran Pembantu Pria Terbaik.

Dua tahun berselang, Robert De Niro masuk dalam nominasi Aktor Pemeran Utama Terbaik Academy Awards sebagai buah dari aktingnya yang total dalam film Taxi Driver (1976) garapan sutradara Martin Scorsese.

Baru pada 1981, Robert De Niro berhasil membawa pulang Piala Oscar kategori Aktor Pemeran Utama Terbaik lewat film Raging Bull (1980) yang juga disutradarai Scorsese.

Sejak saat itu, film-film Robert De Niro mulai ditunggu penggemar. Namanya pun kerap malang melintang mengisi nominasi penghargaan Academy Award maupun penghargaan lainnya.

Ketenaran Robert De Niro bukan tanpa sebab. Ia memiliki totalitas dalam menjalankan perannya untuk sebuah film. Hal ini pula yang menjadi inspirasi bagi para pemain film dan sineas di seluruh dunia.

Hal ini diakui Dino Patti Djalal, eks Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) yang terpilih untuk memandu acara Mola Living Live bersama Robert De Niro, Rabu (16/12/2020) pukul 21.00 WIB.

“Dia (Robert De Niro) sangat gigih, enggak pernah nyerah, dan benar-benar mencintai dunia akting,” kata Dino saat diwawancara secara virtual, Selasa (15/12/2020).

Robert De Niro akan berbagi kisah inspiratif di Mola Living Live, Rabu (16/12/2020), pukul 21.00 WIB. Dok. Mola TV Robert De Niro akan berbagi kisah inspiratif di Mola Living Live, Rabu (16/12/2020), pukul 21.00 WIB.

Dino menyambut antusias saat diminta Mola TV bersanding dengan aktor Reza Rahadian menjadi pemandu acara tersebut.

Persiapan untuk mewawancarai Robert De Niro dilakukan Dino seolah ia sedang mempersiapkan kunjungan kepala negara.

Saat menjadi juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kenang Dino, persiapan kunjungan kepala negara dilakukan secara total dan teliti.

Mulai dari riset, mendalami profil, hingga informasi berkaitan dengan hal pribadi untuk mendapatkan gambaran mengenai tokoh yang akan menjadi tamu presiden.

“Lucunya, saya melakukan persiapan yang sama (sebelum bertemu) dengan Robert De Niro. Biasanya saya santai, tapi kali ini saya melihat wawancara ini sebagai suatu tantangan pribadi, intelektual, sekaligus tantangan untuk menghibur orang,” jelasnya.

Ia mengaku, bekerja sebagai diplomat selama 30 tahun membuat dirinya kerap bersinggungan dengan tokoh-tokoh dunia, termasuk artis-artis Hollywood.

Meski begitu, lanjut Dino, kesempatan berinteraksi secara langsung dengan aktor yang dinilainya sebagai sosok yang misterius itu benar-benar baru didapatnya kali ini.

Dino mengaku, aktor yang kerap kerja bareng dengan Scorsese ini secara tak langsung telah menjadi bagian dari perjalanan hidupnya. Kekagumannya pada akting De Niro dimulai pada usia belasan tahun. Film Hollywood yang paling berkesan sewaktu Dino duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) adalah The Godfather.

Setelah itu, imbuh Dino, dari mahasiswa, menjadi diplomat, dubes, sampai dirinya pensiun, film-film Robert De Niro terus menemani hari-harinya.

Baik Taxi Driver, The Deer Hunter (1978), Raging Bull, The Mission (1986), Cape Fear (1991), Mary Shelley’s Frankenstein (1994), Heat (1995), Ronin (1998), Casino (1995), Good Fellas (1990), Meet the Fockers (2004), maupun The Intern (2015) masuk daftar tontonannya.

“Sungguh tidak terbayangkan suatu hari saya akan berhadapan langsung dengan De Niro. Saya pikir ini momen menarik karena untuk pertama kalinya Robert De Niro akan berbicara secara eksklusif untuk publik Indonesia. Apalagi dalam format live selama satu jam,” ungkapnya.

Tak sekadar bahas film

Dalam kesempatannya berbincang dengan aktor kawakan Robert De Niro, Dino tak ingin sekadar mengulik sepak terjang dalam dunia film, akting, pandangan hidup, dan rahasia sukses.

Lebih dari itu, Dino hendak menampilkan sudut pandang Robert De Niro dalam menanggapi isu-isu terkini, baik dari segi politik maupun isu kemanusiaan terkait pandemi Covid-19.

”Pertama-tama, saya akan nembak dia dengan pertanyaan lima hal yang dia ketahui mengenai Indonesia,” terangnya.

Berikutnya, papar Dino, seputar dunia internasional, khususnya opini Robert De Niro soal isu kemanusiaan terkait kemungkinan semua orang di dunia mendapatkan vaksin Covid-19.

“Ini kan pertanyaan paling strategis dan paling sensitif sekarang. Tahun depan, apakah semua orang akan kebagian vaksin Covid-19, sementara sebagian vaksin sudah diborong oleh negara kaya sehingga negara lain banyak yang enggak dapat vaksin,” urainya.

Robert De Niro saat berorasi di acara ?We Stand United? Rally In New York, Kamis (19/1/2017). Acara tersebut bertujuan untuk mengingatkan Presiden Donald Trump tentang pentingnya menjaga hak individu dan komunitas. Dok. lev radin / Shutterstock.com Robert De Niro saat berorasi di acara ?We Stand United? Rally In New York, Kamis (19/1/2017). Acara tersebut bertujuan untuk mengingatkan Presiden Donald Trump tentang pentingnya menjaga hak individu dan komunitas.

Dino menilai, sikap Robert De Niro yang liberal tak kalah menarik untuk disoroti, utamanya mengenai keterbukaannya terhadap golongan kulit hitam.

Di Amerika Serikat saat itu, terang Dino, persinggungan isu antara golongan kulit putih dan kulit hitam menjadi isu rasial yang cukup tajam.

“Pada akhir 1970-an saya tinggal di Virginia, yang saya ketahui, Robert De Niro sudah punya hubungan khusus dengan orang kulit hitam. Sementara sekarang, hal ini sudah jadi hal biasa. Saya tertarik dengan kepribadiannya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Dino, konsistensi dan keteguhan Robert De Niro menggeluti dunia peran patut dibahas untuk menginspirasi masyarakat Indonesia. Apalagi, Robert De Niro sempat mengalami tragedi keluarga, yakni antara ayah dan ibunya.

“Dia tidak menjadi murung atas hal itu, tapi menjadikannya pemicu yang membuat dia semakin bergairah untuk menjadi aktor hebat yang akhirnya menjadikan dia aktor Hollywood legendaris,” ungkap Dino.

Sebagai informasi, Dino Patti Djalal juga dipercaya sebagai host pada episode Mola Living Live sebelumnya yang disiarkan, Jumat (4/12/2020). Saat itu, ia bersama Reza Rahadian mewawancarai sutradara kawakan Shelton Jackson “Spike” Lee.

Melalui perbincangannya dengan Dino saat itu, Spike Lee mengingatkan para film maker untuk selalu meningkatkan etos kerja agar mampu bersaing demi kesuksesan. Ia percaya, tidak ada istilah overnight success.

Memetik pelajaran berbagai kisah

Sejak awal Oktober 2020, program Mola Living Live yang bisa disaksikan melalui platform streaming Mola TV berhasil menggaet sederet tokoh dunia sebagai narasumber.

Mulai dari legenda tinju Mike Tyson, aktris Sharon Stone, hingga sutradara Luc Besson, Darren Aronofsky, dan Spike Lee sudah berhasil dihadirkan.

Dalam diskusi berdurasi sekitar 60 menit tersebut, para narasumber berbagi kisah seputar perjalanan karier mereka.

Tak hanya cerita soal kesuksesan, tokoh-tokoh ini juga akan memaparkan perjuangan yang harus mereka lewati sebelum mencapai titik keberhasilan seperti saat ini.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso berharap, pengalaman yang diceritakan Robert De Niro di Mola Living Live akan memberikan motivasi dan dorongan kepada para penonton Mola TV agar bekerja secara totalitas dan maksimal pada segala sesuatu hal yang dilakukan.

"Sesuai tujuan acara, kami ingin menghadirkan tokoh dunia yang bisa memberikan inspirasi atau motivasi bagi kita yang ada di Indonesia, dan tentunya kami senang sekali seorang Robert De Niro bersedia berbagi pengalamannya kepada kita semua,” ujar Mirwan.

Melalui Robert De Niro, Mirwan berharap, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan tayangan Mola Living Live untuk menggali pelajaran penting dari pengalaman hidup aktor tersebut.

Setelah Robert De Niro, tokoh dunia lain yang akan dihadirkan selanjutnya antara lain John Travolta dan Oliver Stone. Mereka akan berbagi pengalaman dan inspirasi bagi penggemarnya di Indonesia secara eksklusif.

Bincang-bincang eksklusif Mola Living Live bersama Robert De Niro ini bisa Anda saksikan dengan membeli paket langganan Mola TV mulai dari Rp 12.500 per bulan dan mengaksesnya melalui aplikasi Mola TV yang tersedia di App Store dan Play Store atau melalui situs www.mola.tv.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com