Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono: Bahaya Sekali Ada Orang yang Dipenjara karena Opini

Kompas.com - 14/12/2020, 14:54 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Pandji Pragiwaksono mengatakan, tidak seharusnya orang yang berpendapat di muka umum itu dipenjara.

Sebab, ia menegaskan seseorang memiliki hak untuk berpendapat di ruang publik.

Apalagi, kata Pandji, tidak semua orang memiliki pemikiran dan pendapat yang sama.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono: Seharusnya Ahmad Dhani dan Jerinx Tidak Usah Dipenjara

"Gue merasa bahaya sekali kalau ada orang yang bisa dipenjara karena opini. Karena semua orang punya opini dan tiba-tiba opini lu tidak sesuai dengan kemauan umum, terus tiba-tiba lu dipenjara," kata Pandji seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Senin (14/12/2020).

"Karena yang ribet adalah, gue ngomong apa ditangkapnya sebagai penghinaan itu bisa. Dunia komunikasi kan dunia yang gaib," ujar Pandji melanjutkan.

Oleh karena itu, Pandji mengatakan, ada baiknya diri sendiri menangkap apa yang dimaksud oleh seseorang, bukan apa yang diucapkan.

Baca juga: Deddy Corbuzier dan Ivan Gunawan Perang Billboard, Pandji Pragiwaksono: Skenario?

Seperti hal yang Pandji rasakan sewaktu tersandung kasus pencemaran nama baik yang ada di dalam materi stand-up comedy-nya.

"Kalau gue orang bebas mau ngomong apa pun, mau menghina juga enggak apa-apa. Orang kalau menghina anak gue dan sering menghina anak gue, gue enggak pernah benar-benar marah. Karena gue yakin ini orang enggak maksud. Waktu kejadian kucing, kan banyak yang menghina anak gue," kata Pandji.

Terlepas dari itu, Pandji tidak memaksakan atau pun menuntut seseorang untuk sama dengan pemikirannya tentang kebebasan pendapat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com