Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menarik di Balik Lagu "Sobat" dari PADI Reborn

Kompas.com - 11/12/2020, 21:16 WIB
Baharudin Al Farisi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris PADI Reborn, Satrio Yudi Wahono alias Piyu mengatakan ada cerita menarik di balik lagu "Sobat".

Suatu hari, Piyu bersama teman-temannya tengah kumpul selayaknya anak muda di rumah Yoyo, drummer PADI Reborn.

"(Awal) proses terciptanya (demo rekaman) pas kita lagi di kamar Yoyo, nongkrong-nongkrong, saya mainin lagu tersebut. Terus Rindra sampai, 'wah enak banget'," kata Piyu seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Official Piyu Channel, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Perjuangan Piyu Yakinkan Produser Musik agar PADI Reborn Bisa Rekaman

Karena keesokan harinya Piyu harus ke Jakarta, ia berjanji akan mengirimkan demo rekaman lagu "Sobat" kepada teman-temannya itu di Surabaya. 

Pria kelahiran Juli 1973 itu mengatakan ketika di Jakarta ia tinggal di salah satu bengkel. 

Musabab sudah memiliki janji dengan teman-teman PADI Reborn—dulu namanya masih PADI—Piyu pun berpikir untuk membuat demo rekaman dengan keterbatasan alat.

Baca juga: Cerita Perjuangan Yoyo PADI Reborn Keluar dari Jerat Narkoba

"Di bengkel itu ada satu alat tip karoke yang ada mic dan kabel panjang. Dari kabel panjang itu saya tarik ke kamar mandi," ujar Piyu.

"Saya main gitar di situ (kamar mandi), pakai gitar bolong terus mic-nya saya taruh saja di situ ada stand untuk karoke, saya taruh di kamar mandi, saya main gitar, saya rekam," ungkap Piyu.

Setelah selesai, Piyu langsung mengirimkan hasil rekaman beserta liriknya ke teman-teman PADI Reborn yang berada di Surabaya untuk dipelajari lebih lanjut.

"Ternyata setelah saya kirimkan, lagi itu bukan hanya dilatih, tetapi sudah dibuat sedemikian rupa, dibentuklah urutannya, sudah pakem gitu. Jadi akhirnya, wah keren banget, tinggal saya isi gitar elektrik," kata Piyu.

Baca juga: Cerita Panjang Piyu Kumpulkan Personel PADI, Tawarkan 50 Lagu Ciptaannya

Selang beberapa waktu, Piyu akhirnya kembali ke Surabaya dan kumpul dengan PADI Reborn untuk menindaklanjuti lagu "Sobat" serta lagu-lagu lainnya.

"(Setelah selesai membuat demo rekaman), demo itu saya bawa kembali ke Jakarta dan bertamu dengan Pak Iyan (produser musik yang menawari rekaman PADI Reborn pertama kali)," ungkap Piyu. 

Tawaran Iyan itu merupakan gerbang utama PADI Reborn agar bisa terjun ke industri musik Tanah Air. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com