Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Turun Drastis, Begini Cara Piyu Tawar Gitar Pertamanya

Kompas.com - 11/12/2020, 13:15 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS - Gitaris Satrio Yudi Wahono alias Piyu menceritakan bagaimana ia bisa membeli gitar pertamanya sekaligus incarannya.

Piyu membeli gitar tersebut saat masih menjadi kru untuk Andra Ramadhan, gitaris Dewa 19 pada 1996 dan uang yang dikumpulkan telah mencapai Rp 1,6 juta.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Firasatku dari Piyu feat. Rendy Pandugo (OST Aku Cinta Kamu)

Karena mengira uang tersebut cukup untuk membeli gitar pertamanya, akhirnya Piyu dengan percaya diri bergegas ke salah satu toko musik di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sesampainya di toko musik, Piyu memilih gitar single cutway merek ESP yang harganya berkisar Rp 1,3 juta.

Namun Piyu terkesima dengan salah satu gitar single cutway merek Gibson yang dipajang di sudut toko musik tersebut.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Hancur dari Piyu dan The Frontman

"(Kepada penjaga toko) 'Itu gitar apaan?', 'titipan orang, mas', 'coba lihat. Waduh keren banget ya ini, Gibson lagi'," kata Piyu menirukan percakapannya seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Official Piyu Channel, Jumat (11/12/2020).

Pria yang pernah menjadi produser musik grup band Drive itu langsung terkesima lantaran itu adalah salah satu gitar yang benar-benar ia inginkan sejak duduk di Sekola Dasar.

Gitar Gibson itu mirip seperti idola Piyu, yakni Jimmy Page, gitaris grup musik rock asal Inggris Led Zeppelin.

Baca juga: Piyu PADI Sampai Angkat Meja Saat Luapkan Amarah ke Yoyo

Namun Piyu cukup tercengang dengan harga gitat tersebut dengan nilai Rp 5 juta. Ketika menawar kepada penjaga toko, Piyu malah disuruh untuk negosiasi sendiri dengan penjualnya langsung dengan diberikan nomor teleponnya.

"Begitu melihat gitar ini, pendirian saya langsung berubah. Jadi 'saya enggak jadi beli gitarnya deh, saya mau coba telepon yang punya gitar ini dulu'," kata Piyu.

Setelah pulang dari toko musik tersebut, Piyu mencoba menghubungi penjual gitar tersebut dan terjadilah tawar-menawar.

Menariknya, pelantun lagu "Sakit Hati" itu mengiming-imingkan kepada penjual gitar dengan kepercayaan diri yang tinggi.

"Akhirnya saya bilang, 'Mas, nanti mas bangga lho kalau gitar itu aku beli', 'kok bisa bangga?', 'entar gitar itu bakalan sering nongol di televisi karena saya akan banyak main di televisi', saya bilang begitu," kata Piyu.

"Padahal aku waktu itu masih jadi kru, ibaratnya belum kepikiran bisa jadi bintang tamu di acara televisi. Tetapi gue yakin aja, 'entar bangga lho mas gitarnya masuk televisi'," ucap Piyu melanjutkan.

Iming-iming Piyu membuahkan hasil, harga gitar tersebut turun menjadi Rp 3 juta. Namun ia masih belum puas menawarnya dengan harga akhir Rp 2.350.000.

Piyu lantas meminjam uang kepada Andra dan memujinya yang tak perlu berpikir panjang untuk meminjamkannya uang saat itu.

"Aku pinjam Andra Rp 900.000. Bayarnya dipotong waktu ngekru. Waktu itu aku ngekru dibayar Rp 150.000. Akhirnya gitar ini aku bayar dan aku ambil," ucap Piyu.

Setelah satu tahun, akhirnya Piyu bersama PADI masuk dapur rekaman dalam pembuatan single "Sobat" dengan menggunakan gitar Gibson tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com