Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada New York Hari Ini, Kumpulan Puisi Aan Mansyur Disulap jadi Film Pendek Animasi

Kompas.com - 10/12/2020, 18:26 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyair Aan Mansyur lagi-lagi terlibat dalam proyek film pendek animasi bertajuk Tidak Ada New York Hari Ini.

Judul film pendek animasi tersebut diambil dari kumpulan puisi Aan Mansyur yang dipersembahkan untuk film Ada Apa Dengan Cinta? 2.

"(Kumpulan puisi itu) saya tulis tahun 2015, yang jadi inspirasinya adalah saya berusaha semaksimal mungkin masuk ke dalam semesta Rangga dengan kenangan bersama Cinta 14 tahun lalu," kata Aan Mansyur dalam jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020).

Dalam kumpulan puisi Tidak Ada New York Hari Ini terdapat 31 puisi milik penyair asal Bone, Sulawesi Selatan itu.

Produser Mira Lesmana dan Riri Reza menyeleksi menjadi 21 puisi yang dianggap benar-benar mewakili perasaan rindu Rangga (Nicholas Saputra) terhadap Cinta (Dian Sastrowardoyo).

"Yang pastinya memilih setengah mati. Tetapi, kita membayangkan durasi (film pendek). Saya dan Riri sama-sama memilih 21 puisi, selebihnya kita berikan kepada seniman," kata Mira Lesmana.

Baca juga: Dengar Suara Nicholas Saputra, Aan Mansyur Tak Percaya Diri Baca Puisi Karya Sendiri

Ada empat animator yang terlibat dalam proyek ini, yakni Rhesa, Lala Bohang, Pinot, dan Wulang Sunu.

Dari 21 puisi Aan Mansyur tersebut, empat animator tersebut masing-masing memilih satu karya sang pujangga.

Pinot memilih "Tidak Ada New York Hari Ini", Lala Bohang "Aku Tidak Betul-Betul Pulang", Rhesa "Memandang Dunia dari Jendela Kafe", dan Wulang Sunu "Pukul 4 Pagi".

Selain keempat ilustrator tersebut, Mira Lesmana dan Riri Reza juga kembali mengajak Nicholas Saputra sebagai narator atau orang yang membacakan keempat puisi Aan Mansyur.

"(Alasannya) Nicholas Saputra mampu mengartikulasikan dengan baik dan menjiwai makna di balik setiap bait keempat puisi tersebut," ujar Mira Lesmana

Sampai-sampai, Aan Mansyur merasa minder dan tidak percaya diri setelah mendengar rekaman suara Nicholas Saputra ketika membacakan keempat puisinya itu.

Baca juga: Batal Diputar di Bioskop, Mira Lesmana Puas Humba Dreams Tayang di Netlfix

"Saya tidak pintar membacakan puisi. Setelah mendengar mas Nicholas, saya semakin tidak percaya diri untuk membaca puisi," kata Aan Mansyur sambil tersenyum.

Mira Lesmana menegaskan, ide awal pembuatan film pendek ini muncul pada Mei 2020 ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berkait pandemi Covid-19 tengah berlangsung.

Oleh karena itu, Mira mengatakan selama pengerjaan produksi tersebut dilakukan secara jarak jauh dari tempatnya masing-masing.

Film pendek animasi Tidak Ada New York Hari Ini bakal tayang di kanal YouTube OPPO Indonesia dan Miles Film pada 10 Desember 2020 pukul 17.00 WIB dengan tayangan perdana Behind The Scene - Tidak Ada New York Hari Ini.

Kemudian, diikuti Aku Tidak Pernah Betul-Betul Pulang pada 13 Desember, Memandang Dunia dari Jendela Kafe pada 16 Desember, dan Pukul Empat Pagi pada 22 Desember mendatang.

Baca juga: Mira Lesmana: Ide Film Humba Dreams Berawal dari Tempat Cuci Foto di Waingapu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com