Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Jadi Jurnalis Majalah Playboy, Soleh Solihun Dapat Penghargaan Adiwarta

Kompas.com - 29/10/2020, 16:45 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Soleh Solihun mengungkap fakta menarik, bahwa selain di Rolling Stone, ia juga pernah bekerja di Majalah Playboy.

Bahkan pada saat bersamaan, Soleh waktu itu berhasil mendapatkan penghargaan Adiwarta pada 2006 .

Meski pada awal kemunculannya terdapat pro dan kontra terhadap Majalah Playboy, setidaknya dengan penghargaan Adiwarta yang didapatkan Soleh membuktikan tulisannya sebagai produk jurnalistik.

Baca juga: Soleh Solihun Tak Pernah Berencana Jadi Stand Up Comedian

Tak hanya itu, Playboy juga waktu itu sudah mengantongi izin penerbitan dari Dewan Pers Indonesia sebagai sebuah media massa.

"Ini lho tulisan orang dari majalah Playboy mendapatkan penghargaan dari bidang jurnalistik. Berarti sudah enggak bisa lagi diperdebatkan Playboy majalah jurnalistik atau enggak karena terbukti, salah satu tulisan mendapat penghargaan," kata Soleh Solihun dalam acara Beginu Kompas TV, Rabu (28/10/2020).

Hal lain yang dibanggakan Soleh karena Effendi Gazali termasuk dari Dewan Pers Indonesia yang menyangsikan Playboy sebagai sebuah media massa.

Baca juga: Soleh Solihun Bangga Pernah Meraih Penghargaan Anugerah Adiwarta

"Dan yang lebih membanggakan ketua jurinya Effendi Gazali. Effendi Gazali, Playboy awal muncul, dia salah satu yang bilang Playboy itu bukan karya jurnalistik. Jadi dia ketika memenangkan tulisan dari Playboy dia jadi kayak terkena ucapan sendiri," tutur Soleh.

"Walaupun waktu itu enggak bilang yang menang dari media mana, cuma ngasih artikel tanpa penulis. Dia tuh baru tahu Playboy pas di podium dan tulisan gue yang masuk," sambung Soleh.

Baca juga: Cara Pikir Andhika Pratama Berubah Setelah Bertemu Soleh Solihun

Namun, eksistensi majalah Playboy tak bertahan lama di Indonesia.

Soleh akhirnya beralih profesi menjadi seorang penyiar, komika, dan pembawa acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com