Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Soul of America, Tantangan untuk Kesejahteraan Negara

Kompas.com - 26/10/2020, 16:12 WIB
Mutiara Hening Pratiwi,
Rheisnayu Cyntara

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - HBO Max merilis film dokumenter yang diadaptasi dari novel karya Jon Meacham.

Dijadwalkan rilis di HBO Max pada Selasa (27/10/2020), film dokumenter The Soul of America mengangkat potret realitas politik di era modern Amerika Serikat.

Merujuk pada ulasan Jon Meacham dalam novelnya, sutradara K.D. Davison menyusuri momen-momen bersejarah yang membentuk pandangan politik masyarakat.

Baca juga: Sinopsis The Flight Attendant, Pramugari Terlibat Kasus Pembunuhan, Segera di HBO Max

Misalnya saja, gerakan women's suffrage atau penuntutan hak pilih perempuan yang mulai digaungkan di Amerika Serikat pada tahun1840-an.

Tak hanya itu, kemelut yang terjadi selama proses pengesahan undang-undang Hak Sipil juga ikut menjadi pembahasan dalam film ini.

Jon Meacham dan sejumlah pakar di bidang jurnalistik, pendidikan, serta aktivis hak-hak sipil ikut memaparkan pandangan mereka terhadap isu-isu tersebut.

Baca juga: Sinopsis The Murders at White House Farm, Kisah Nyata Pembunuhan Keluarga, Tayang Hari ini di HBO MAX

Mulai dari jurnalis Evan Thomas, aktivis Donald Tamaki dan George Takei, pengacara hak sipil Dale Minami, hingga sejarawan Lisa Tetrault.

Dalam sesi wawancara, Meacham mengungkap bagaimana warga Amerika Serikat harus kembali berjuang melawan isu yang telah mendarah daging dalam tubuh bangsanya.

Rasisme, seksisme, permusuhan politik, kecemasan ekonomi, hingga teori-teori konspirasi menjadi isu yang mungkin tidak akan menghilang dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com