Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcell Siahaan: Minta Izin Gunakan Karya Orang Lain Itu Bentuk Tanggung Jawab

Kompas.com - 13/10/2020, 21:40 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Marcell Siahaan ikut ambil bagian dalam diskusi bertajuk Menelisik Hak Cipta Musik di Era Digital yang berlangsung secara virtual di kanal YouTube Dewan Kesenian Jakarta.

Dalam diskusi itu Marcell berbicara sebagai musisi, pemerhati hukum hak cipta sekaligus ketua Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Prisindo.

Dikutip Kompas.com, Selasa (13/10/2020), Marcell mengungkapkan pendapatnya tentang mereka yang menggunakan karya orang lain.

"Saya juga selalu concern bahwa ketika kita berkarya, bagaimana kita mengapresiasi talenta kita termasuk bagaimana kita bisa membawakan lagu orang itu adalah penghargaan kita," kata Marcell.

Menurut pelantun tembang "Peri Cintaku" itu, setiap orang perlu memerhatikan etika ketika menyanyikan lagu orang lain. 

Baca juga: Marcell Siahaan Ungkap Pentingnya Pendataan Karya Bagi Musisi

"Tapi kita juga harus tahu bahwa walaupun tidak disyaratkan, tapi kalau saya pribadi ketika saya ingin menggunakan karya orang lain saya minta izin, ini masalah etika," tutur Marcell.

"Mungkin ada beberapa musisi yang membiarkan lagunya saya pakai, silahkan, tapi saya rasa meminta izin itu tidak ada salahnya, permisi itu tidak ada salahnya," lanjutnya.

Meskipun tidak ada tujuan untuk mendapat keuntungan, eks drummer Puppen ini menyadari betul segala sesuatu yang dia unggah di media sosial akan menarik perhatian orang banyak.

Di situlah, muncul rasa tanggung jawab Marcell untuk meminta izin kepada musisi yang karyanya dia gunakan. 

Baca juga: Marcell Siahaan Bawakan Lagu Baru di Panggung FLAVS

"Kita mendapatkan attention, dari situ otomatis kita akan mendapatkan mungkin bukan profit secara langsung tapi benefit, benefit inilah yang menurut saya seperti mengeluarkan satu bentuk tanggung jawab bahwa kita harus minta izin," ujar suami artis Rima Melati itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com