Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Paul McCartney dengan Jhon Lennon Saat Ciptakan Lagu Bersama

Kompas.com - 30/09/2020, 18:10 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Musisi Paul McCartney, mantan personel The Beatles mengingat-ingat kenangannya saat menciptakan lagu bersama Jhon Lennon.

Melansir dari Ultimate Classic Rock, Rabu (30/9/2020), hal tersebut disampaikan Paul McCartney dalam sebuah wawancara film dokumenter radio BBC untuk memperingati hari ulang tahun ke-80 mendiang Jhon Lennon.

Film itu akan disiarkan pada 3 dan 4 Oktober di BBC Radio 2 dan BBC Sounds.

Baca juga: Paul McCartney Berharap Jembatan Pettus Diberi Nama John Lewis

Dalam dokumenter itu, McCartney bercerita bagaimana keduanya saling mempengaruhi ketika menciptakan lagu.

"Sejak The Beatles bubar dan kami tidak menulis bersama atau bahkan merekam bersama, saya pikir masing-masing dari kami mereferensikan yang lain," kata Paul McCartney.

"Jadi ketika saya menulis sendiri, saya terpengaruh Jhon. Begitupun Jhon saya tahu dia melakukan hal yang sama, jika saya ingin merekam rekamannya, dia akan berkata, 'sialan harus masuk studio. Harus mencoba dan melakukan lebih baik dari Paul'" tambah Paul.

Baca juga: Siapa Personel The Beatles yang Menulis Lagu Terbanyak, John Lennon atau Paul McCartney?

Selain itu, Paul McCartney juga kembali mengenang hari-hari terakhirnya dengan The Beatles ketika menciptakan lagu berjudul "Let It Be" bersama Jhon Lennon.

“Tunggu sebentar, ada orang ini, John Lennon, yang seperti, jenius, pintar, jenaka, percaya diri dan segalanya - mengapa dia memiliki rasa tidak aman? Karena kita semua adalah makhluk yang rapuh," ucap Paul lagi.

Selebihnya, Paul McCartney juga mengungkap beberapa lagu yang kurang bagus saat diciptakannya bersama Jhon Lennon.

Lagu itu tercipta ketika keduanya masih berusia muda dan tak tahu bagaimana menciptakan lagu.

“Ada beberapa lagu yang tidak terlalu bagus. Kamu tahu, karena penulis lagunya terlalu muda yang tidak tahu bagaimana melakukannya. Akhirnya kami mulai menulis lagu yang sedikit lebih baik dan kemudian sangat menikmati proses belajar bersama sehingga benar-benar berhasil," kata McCartney lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com