Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Rhea Chakraborty Dinilai Bukan Sekadar Konsumsi Narkoba, tapi...

Kompas.com - 29/09/2020, 16:34 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengadilan Tinggi Bombay mendengarkan permohonan jaminan Rhea Chakraborty dan kakaknya, Showik, hari ini, Selasa (29/9/2020).

Keduanya bersama dengan sejumlah staf aktor Sushant Singh Rajput, diketahui telah dipenjara selama lebih dari tiga minggu terkait kasus narkoba yang berhubungan penyelidikan kematian sang aktor.

Pada Senin (28/9/2020), Biro Pengendalian Narkotika (NCB), mengajukan pernyataan tertulis mereka di pengadilan yang menentang permohonan jaminan Rhea Chakraborty.

Dalam pernyataannya, NCB menegaskan kembali bahwa Rhea Chakraborty adalah anggota aktif dari sindikat narkoba yang berhubungan dengan tokoh masyarakat dan pemasok obat.

"Pemohon saat ini adalah anggota penting dari rantai pasokan obat dan dia juga menangani keuangan. Pemohon saat ini dulu mengelola, membiayai pengadaan obat bersama dengan Sushant Singh Rajput," demikian isi pernyatan NCB.

Baca juga: Deepika Padukone Disebut 3 Kali Menangis Saat Diperiksa NCB

NCB juga mengatakan, meskipun mengetahui bahwa Sushant mengonsumsi narkoba, Rhea menyembunyikan dan merahasiakannya.

"Lebih lanjut disampaikan, jika skenario keseluruhan terlihat maka pemohon saat ini (Rhea) menyadari fakta bahwa Sushant Singh Rajput menjadi orang yang mengonsumsi, telah menyembunyikan dan merahasiakannya selama dia (Sushant) terlibat dengan narkoba," kata NCB.

"Ini sama saja dengan menyembunyikan. Pemohon saat ini juga mengizinkan tempat tinggalnya untuk penyimpanan dan konsumsi obat untuk Sushant Singh Rajput," kata NCB lagi.

Oleh karenanya, NCB menyebut apa yang dilakukan Rhea Chakraborty sebagai pelanggaran yang lebih serius daripada mengonsumsi narkoba.

"Menurut Undang-Undang Narkotika dan Zat Psikotropika, ini adalah kejahatan paling serius," kata Sameer Wankhede dari NCB.

Sebelumnya pada 11 September, pengadilan telah menolak permohonan jaminan dari Rhea, saudara laki-lakinya Showik Chakraborty, dan yang lainnya.

Permohonan ditolak dengan pertimbangan, dapat memberi tahu terdakwa lain dan menghancurkan bukti apabila dibebaskan dengan jaminan.

Baca juga: Profil Rakul Preet Singh, Aktris India yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Rhea Chakraborty

Terkait penyelidikan kasusnya, pada 27 September 2020, NCB menyita ponsel aktris Deepika Padukone, Shraddha Kapoor, Sara Ali Khan, Rakul Preet Singh, dan lainnya.

Kemudian, NCB mencatat pernyataan Karishma Prakash, Sara Ali Khan, Deepika Padukone, dan Shraddha Kapoor pada 26 September 2020.

"Pernyataan Karishma Prakash, Sara Ali Khan, Deepika Padukone dan Shraddha Kapoor telah dicatat. Kshitij Prasad telah ditahan setelah diinterogasi," kata Mutha Ashok Jain, Deputy DG, Wilayah Barat Daya NCB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com